Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KETUA UMUM PB PDHI, MUHAMMAD MUNAWAROH MERAIH GELAR DOKTOR | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KETUA UMUM PB PDHI, MUHAMMAD MUNAWAROH MERAIH GELAR DOKTOR


Kasus infeksi Feline Panleukopenia Virus (FPV) pada kucing tergolong tinggi. Sehingga masih menjadi hal yang menakutkan bagi para dokter hewan dan penghobi kucing.

Sedangkan sampai saat ini Indonesia masih belum mampu memproduksi kit diagnostik baik berbasis gen ataupun protein. Vaksin pun masih tergantung dari produk impor, karenanya ketersediaannya kadang tidak stabil.

Prihatin dengan masalah tersebut, drh Muhammad Munawaroh, MM tertarik meneliti FPV dan menuangkannya dalam disertasi doktoral berjudul “Karakterisasi Fragmen Gen VP1 Pada Feline Panleukopenia Virus (FPV)”, di bawah bimbingan promotor Prof Dr Fedik Abdul Rantam, drh dan Ko-Promotor Prof Dr Aulianni’am, drh, DES.

Karena masih pandemi, Ujian Tahap Akhir atau Ujian Tahap II (Terbuka) dilaksanakan secara online pada Kamis, 21 Januari 2021. Sebagai ketua sidang adalah Prof Dr Mirni Lamid, drh, MP yang menjabat Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.

Hasil sidang, komisi penguji menyatakan puas atas hasil penelitian disertasi dan temuan baru yang dikemukakan oleh oleh promovendus drh Muhammad Munawaroh, MM. Oleh karena itu Munawaroh dinyatakan lulus dan berhak menyandang gelar Doktor.

Pria yang juga menjadi Ketua Umum PB PDHI ini merupakan Doktor ke-13 lulusan Program Studi S3 Sain Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Munawaroh berharap hasil penelitiannya dapat dikembangkan sebagai pijakan awal untuk pengembangan vaksin maupun kit diagnostik yang berbasis dari isolat lokal sehingga akan tercapai kemandirian Indonesia di bidang vaksin dan kit diagnostik untuk penyakit-penyakit pada kucing.

Selain itu Munawaroh mengatakan, bahwa saat ini di Indonesia masih sangat kurang ketersediaan tenaga dokter hewan ahli bergelar Doktor. Dia berharap para dokter hewan bersedia meningkatkan kompetensi pendidikan akademik hingga jenjang S3 (Doktor).

Selamat dan sukses kepada Dr drh Muhammad Munawaroh, MM, semoga ilmunya bermanfaat dan berkah. (Via website FKH UNAIR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer