Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PETERNAK AYAM MANDIRI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PETERNAK AYAM MANDIRI

Foto: Istimewa

Untuk mempertahankan eksistensi peternak ayam mandiri di Indonesia, pembenahan berbagai sisi harus dilakukan. Dari sisi peternak, sejumlah langkah konkrit harus dilakukan, antara lain langkah efisiensi performa baik ketrampilan maupun managemen pemeliharaan ayam. Langkah berikutnya adalah revitalisasi perkandangan ke arah kandang yang semi modern atau modern dengan sistem kandang tertutup. Hal yang tak kalah pentingnya adalah alih teknologi budidaya ayam, yang dalam hal ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia peternak ayam yang harus diupayakan kemampuan penguasaan teknologinya.

Hal itu disampaikan oleh Wismarianto dari Soma Farm dalam sebuah Talkshow yang menganngkat tema Eksistensi Peternak Rakyat Mandiri melalui Teknologi CH dan Regulasi Kuota Unggas. Acara yang dilaksanakan dalam rangka pelantikan pengurus Ikatan Sarjana Peternakan (ISPI) Cabang Bogor atau Jawa Barat II tersebut dilangsungkan di kawasan Jalan Padjajaran Bogor pada 4 Maret 2020 lalu. Sementara dari sisi pihak luar, Wismarianto mengharapkan adanya dukungan berupa regulasi yang berpihak pada isisi hulu dan hilir, serta adanya dukungan permodalan perbankan untuk keberlangsungan peternakan ayam. Kebutuhan khusus yang sangat diperlukan peternak saat ini, tambahnya adalah sangat diperlukan adanya sistem klusterisasi, yakni peternak yang berkelompok dalam jumlah tertentu, sehingga mempermudah dalam mendapatkan perhatian dan perlindungan khusus.

Pembicara lain yakni Hery Wibowo menambahkan, industri perunggasan bisa bertahan hingga saat ini disebabkan oleh empat faktor utama, yakni kapital yang besar, sumber daya manusia yang lengkah, efisiensi produksi serta selalu mengikuti inovasi. Hal yang disebut terakhir, yakni inovasi sangat penting, karena di tingkat peternak saat ini masih ada asumsi bahwa kandang sistem tertutup itu mahal. Lebih lanjut Hery menjelaskan tentang adanya alternatif inovasi kandang sistem tertutup dengan biaya relatif murah dengan hasil yang lebih optimal. Hery menandaskan, inovasi kandang tertutup yang relatif murah tersebut berpijak pada prinsip pembangunan sistem kandang tertutup yakni menyediakan lingkungan ideal dan nyaman untuk ayam berdasarkan kebutuhannya, sehingga tercapai pertumbuhan ayam secara optimal sesuai dengan kemampuan genetikanya.(IN)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer