Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini HARGA JAGUNG PERTENGAHAN FEBRUARI 2019 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

HARGA JAGUNG PERTENGAHAN FEBRUARI 2019

Foto: Pixabay


Jagung, hingga pertengahan Februari 2019 masih menjadi persoalan bagi peternak ayam di Indonesia. Para peternak mengeluhkan harga jagung yang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 6.200 per kilogram (kg). Wajarnya harga jagung hanya berkisar Rp 3.500 - Rp 4.000 per kg.

Padahal pemerintah telah melakukan intervensi pasar dengan impor jagung sebanyak 100 ribu ton pada Januari 2019. Impor jagung tersebut merupakan jatah yang diberikan pemerintah kepada Perum Bulog di akhir 2018 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Dewan Jagung Nasional, Maxdeyul Sola, berpendapat masih tingginya harga jagung disebabkan karena panen raya jagung belum merata. Sehingga kebutuhan yang besar belum sepenuhnya bisa dipenuhi dari jagung lokal.

"Baru mulai panen sedikit-sedikit (di) Banten udah panen, Lampung udah panen, Jawa Tengah Rembang panen, Lamongan ya sedikit-sedikit jadi artinya baru memulai panen belum panen raya," katanya, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya panen raya baru akan terjadi pada awal April. Hal ini disebabkan masa tanam yang dilakukan pada bulan Desember lalu. Sebab untuk komoditi jagung membutuhkan waktu 3-4 bulan dari masa tanam sampai masa panen.

Maxdeyul menegaskan selama ini pihaknya menggunakan data dari Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menghitung proyeksi hasil panen setiap tahunnya. Berdasarkan data yang ia sebut pada tahun ini Kementan memproyeksikan produksi sebesar 33 juta ton.

Selain dari persoalan data, ia menambahkan jika selama ini peternak tidak memberikan informasi utuh terkait berapa jumlah seluruh ayam yang dipelihara. Hal tersebut turut membuat polemik terkait kebutuhan jagung.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Sri Widayati, menjelaskan kebutuhan jagung untuk pakan ternak sekitar 10,28 juta ton. Angka tersebut masing-masing 7,76 juta ton untuk pakan pabrik dan peternak mandiri 2,52 juta ton. Sri pun menyatakan jika saat ini telah memasuki musim panen jagung di sebagian daerah seperti di Jawa Timur. 

"Besok tanggal 15 Februari ada panen di Tuban," timpalnya.

Sedangkan pengusaha sekaligus petani jagung, Dean Novel, menyebut saat ini harga jagung di Pulau Jawa mencapai Rp 5.600-Rp 5.800 per kg. Sementara di luar Jawa harga fluktuatif dari Rp 5.700-Rp 6.100 per kg. (Sumber: kumparan.com)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer