Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Perlunya Penerapan Animal Welfare pada Rantai Pasok Daging Sapi | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Perlunya Penerapan Animal Welfare pada Rantai Pasok Daging Sapi

Peserta Pelatihan berkunjung ke PT Elders Indonesia

Bertempat di ruang diskusi Program Studi Logistik Peternakan Fakultas Peternakan (Fapet) Institut Pertanian Bogor (IPB) tanggal 14 Mei 2018, Forum Logistik Peternakan Indonesia menggelar Pelatihan Penerapan Animal Welfare pada Rantai Pasok Sapi Potong. Acara ini dibuka Dekan Fapet Dr Ir Mohamad Yamin MAgrSc.

Pelatihan dihadiri oleh pelaku usaha sapi potong, pekerja Rumah Potong Hewan (RPH) Pemerintah dan Swasta, penyedia jasa asuransi peternakan Jasindo, akademisi dan praktisi. Hadir sebagai pembicara yaitu Drh Helen Fadma dari Meat and Livestock Australia (MLA) dan drh Supratikno MSi PAVet dari Halal Center IPB.

Helen menyampaikan akan pentingnya menerapkan konsep animal welfare, baik di holding ground feedlot maupun di RPH. “Sangat penting diterapkan, mengingat bahwa sekecil apapun jenis kekerasan yang diterima ternak sesaat sebelum dipotong, jelas akan berdampak pada produk yang dihasilkan,” kata Helen.

Senada dengan Helen, Drh Supratikno menyebutkan penerapan animal welfare pada dasarnya dapat dikaitkan dengan daging yang akan dikonsumsi konsumen.

“Sering kita dapati daging keras dan alot, karena ada kaitannya dengan rendahnya kadar glikogen pada saat sapi disembelih dalam kondisi stres kronis,” ungkapnya.  

Lebih lanjut dijelaskan, pada kasus stres akut, yang terjadi adalah glikogen banyak dipecah pada saat penyembelihan. Asam laktat yang ada terlalu awal menyebabkan daging lembek, pucat dan berair.

“Baik stres akut maupun kronis terjadi akibat tidak menerapkan konsep animal welfare sesaat sebelum pemotongan,” tandas Supratikno.

Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan kunjungan peserta ke PT Elders Indonesia, RPH yang operasionalnya di wilayah Kampus IPB. (Sadarman)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer