Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini IB Varian, Tubuh Bebek Pada Ayam | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

IB Varian, Tubuh Bebek Pada Ayam


Gejala klinisnya perut membesar. Postur tubuh ayam menjadi seperti tubuh pinguin/bebek. Setelah bedah bangkai ketahuan ada timbunan air di uterus. Penanganan di lapangan cenderung tak perlu pemeriksaan laboratoris. Lain dengan kepentingan produksi vaksin yang protektif.

IB Varian sudah dikenal di kalangan peternak ayam. Gejala klinis utamanya postur tubuh ayam seperti pinguin dengan dada dan perut menggantung menonjol ke depan bawah. Ada pula yang menyebutnya duck style dengan ciri sama.

Yang menyebutnya Pinguin Style misalnya Drh Suyud dari PT SHS (Surya Hidup Satwa) Surabaya. "Sudah lama dikenal peternak," katanya. Pada 2013 pernah outbreak di Jawa Timur. Yang menyebutnya Duck Style misalnya Drh Andi Wijanarko dari PT Pimaimas Citra Jakarta. Mereka menyampaikannya secara langsung kepada Infovet di Jakarta.

Menurut Drh Suyud kasus IB varian QX dengan ciri khas tersebut (pinguin/duck style) sudah banyak terjadi pada ayam petelur baik pada fase grower alias masa pertumbuhan dan fase layer alias masa produksi. Ayam terserang sejak umur awal minggu pertama. Gejala klinisnya perut membesar. Postur tubuh ayam menjadi seperti tubuh pinguin/bebek. Setelah bedah bangkai ketahuan ada timbunan air di uterus.

Dengan gejala klinis yang sangat khas itu menurut Drh Suyud dalam pemeriksaan lapangan tidak dibutuhkan lagi pemeriksaan laboratorium. Diagnosa berdasar gejala klinis tampak betul ayam seperti ngebom alias menjatuhkan bom! "Anak kandang sudah tahu itu," ucapnya.

Bedah bangkai alias nekropsi ayam terinfeksi virus IB serotipe QX umumnya saluran telur membesar kista berisi air bisa lebih dari satu liter atau sebagian tak berkembang dengan pelebaran berkista besar. Dinding saluran tipis dan transparan pada daerah berkista ini. Bisa jadi ovarium masih berfungsi dan normal. (yonathan)

Untuk selengkapnya baca Majalah Infovet Edisi 251 Juni 2015

Related Posts

1 Comments:

  1. Pencegahan penyakit IB ini dapatkah dengan menggunakan vaksin?
    Terima kasih

    BalasHapus

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer