Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MENJAGA KESEHATAN TETAP KONDUSIF SETIAP TAHUN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MENJAGA KESEHATAN TETAP KONDUSIF SETIAP TAHUN

Salah satu penerapan biosekuriti. (Foto: Istimewa)

Menghadapi masa-masa ke depan dalam beternak sepertinya tidak sesederhana dulu. Sudah jadi kewajiban bagi pelaku budi daya perunggasan lebih aware, serta dapat mengantisipasi penyakit dan tantangan yang akan datang menghadang.

Jika memprediksi masalah penyakit di tahun depan, tentunya tidak akan 100% akurat. Banyak faktor yang bakal menentukan kejadian penyakit di kandang. Namun tidak ada salahnya memperkirakan dan sedikit “meramal” apa yang akan terjadi di tahun depan, sambil mengambil ancang-ancang agar lebih siap, pasalnya beternak merupakan suatu “seni” yang terus berkembang dari zaman ke zaman.

Menganggap Remeh Penyakit Lama = Bahaya
Menurut konsultan perunggasan, Tony Unandar, yang juga anggota dewan pakar ASOHI, selama ini penyakit unggas yang terjadi di lapangan masih cenderung itu-itu saja, akan tetapi tidak pasti kapan penyakit akan menyerang. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

“Bisa dibilang kita masih akan terus berkutat dengan penyakit lama yang beredar di lapangan, seperti CRD, ND dan lain sebagainya, monoton begitu-begitu saja dan faktor yang sangat urgen untuk diperbaiki adalah manajemen pemeliharaan dari peternak-peternak kita,” tutur Tony.

Seakan tidak ada upaya perbaikan dalam hal tersebut, bukan hanya kasus penyakit yang akan terus berulang, tapi juga tingkat keparahannya maupun jenis penyakit baru akan bertambah di masa depan.

“Saya beri contoh sederhana... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Desember 2022. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer