Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini WASPADA PENYAKIT PADA SALURAN CERNA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

WASPADA PENYAKIT PADA SALURAN CERNA

Faktor yang memengaruhi kesehatan saluran pencernaan. (Foto: Istimewa)

Sistem pencernaan merupakan sistem organ tubuh yang penting dalam menunjang performa ayam, baik dari pertumbuhan dan produktivitas. Kondisi saluran pencernaan yang sehat dibutuhkan untuk dapat mencerna nutrisi yang ada dalam ransum. Jika saluran pencernaan ayam mengalami gangguan, maka hal ini akan berisiko pada kesehatan dan performa tubuh ayam. Oleh karena itu, perlu mengetahui manajemen yang tepat dan solusi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan demi mencapai performa optimal.

Jangan Sampai Saluran Pencernaan Bermasalah
Menurut Technical Education & Consultation PT Medion, Drh Christina Lilis, berdasarkan data yang diambil oleh timnya dalam tiga tahun terakhir, diketahui bahwa kasus penyakit pencernaan seperti Kolibasilosis, Koksidiosis dan Nektotik Enteritis (NE) masih menempati ranking 10 besar dan sering ditemukan pada ayam pedaging, sedangkan pada ayam petelur ditemukan juga kasus penyakit cacingan yang menyerang saluran pencernaan.

Penyakit Colibacillosis disebabkan oleh bakteri E. coli, merupakan penyakit yang bisa menular secara vertikal dari induk ke anak ayam melalui ovarium atau oviduk atau secara horizontal melalui kontak dengan bahan atau peralatan kandang yang tercemar. Hal ini berkaitan dengan rendahnya sanitasi dan kebersihan kandang, sehingga bakteri tersebut mudah mencemari lingkungan kandang.

Sedangkan Koksidiosis yang disebabkan parasit protozoa Eimeria sp. juga menjadi kasus yang sering muncul karena siklus hidupnya yang pendek dan perkembangbiakannya yang tinggi di dalam suatu lingkungan kandang dan menimbulkan penyakit. Koksidiosis kerap berkolaborasi dengan NE yang disebabkan oleh bakteri Clostridium perfringens.

“Hal ini dikarenakan bakteri tersebut merupakan flora normal yang hidup di dalam saluran pencernaan ayam, ketika kondisi ayam buruk dan didukung dengan kondisi lingkungan yang tidak nyaman, maka bakteri tersebut akan ikut menginfeksi,” tutur Lilis.

Ia melanjutkan, karena ketika kondisi tubuh ayam menurun dan konsentrasi bakteri terus bertambah, sehingga terjadi... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Juli 2022. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer