Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENYAKIT PERNAPASAN YANG SELALU KERASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENYAKIT PERNAPASAN YANG SELALU KERASAN

Kualitas sekam buruk dapat memicu penyakit pernapasan. (Foto: Dok. Infovet)

Dua tahun belakangan, masyarakat sangat familiar dengan penyakit pernapasan yang disebabkan oleh COVID-19. Jangan salah, nyatanya penyakit pernapasan pada ayam juga memiliki daya bunuh luar biasa dan merugikan peternak.

Bernapas merupakan kebutuhan utama mahluk hidup. Prinsipnya yakni menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Terkadang, saluran pernapasan tidak selamanya prima. Beberapa penyakit siap mengintai dan menurunkan performa bahkan menyebabkan kematian.

Dari bernapas, oksigen yang dihirup digunakan dalam proses pembentukan energi atau oksidasi biologis. Tanpa adanya oksigen, energi yang berasal dari pakan tidak akan bisa terbentuk dan mustahil pertumbuhan dan performa akan tercapai.

Pahami Sistem Pernapasan Ayam
Tidak seperti hewan lainnya, unggas memiliki sistem pernapasan yang berbeda dan unik. Karena pada unggas terdapat kantung udara. Sistem pernapasan ayam terdiri dari saluran pernapasan (hidung, sinus hidung/sinus infraorbitalis, laring, trakea, bronkus), paru-paru dan kantung udara. Laring dan trakea tersusun atas otot dan tulang rawan. Pada permukaan dalam (epitel) terdapat silia, sebagai alat pertahanan terhadap benda asing. Di dalam paru-paru terjadi pertukaran udara bersih dan kotor.

Udara yang kaya akan oksigen akan diedarkan ke seluruh tubuh. Kantung udara merupakan selaput tipis berbentuk seperti balon yang berfungsi membantu pernapasan. Kantung udara memiliki sel fagosit dalam jumlah sedikit, sedangkan proses pertukaran udara juga terjadi di kantung udara tersebut. Padahal setiap udara yang masuk mengandung berbagai berbagai macam mikroba, termasuk yang sifatnya patogen.

Selain itu, kantung udara tersusun atas sel tipis dan sedikit pembuluh darah. Sehingga mudah dirusak oleh bibit penyakit. Hal inilah yang menjadi... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2021. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer