Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BIOSEKURITI DAN DISINFEKSI PENJAGA GAWANG KESEHATAN UNGGAS | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BIOSEKURITI DAN DISINFEKSI PENJAGA GAWANG KESEHATAN UNGGAS

Penyemprotan disinfektan di areal kandang ternak. (Sumber: Istimewa)

Secara alamiah, kemunculan kasus penyakit dalam suatu lingkungan peternakan ayam tidaklah terjadi secara mendadak alias revolutif, akan tetapi secara bertahap, sesuai dengan interaksi antara bibit penyakit (BP) yang ada dengan ayam yang dipelihara.  Pemahaman atas tulisan ini tentu saja akan mempermudah peternak untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit dalam lingkungan peternakannya secara efektif dan strategis.

Kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kemunculan kasus penyakit. Data dari BMKG untuk kondisi lingkungan pada April 2021, menyatakan curah hujan di sepanjang pulau di Indonesia adalah menegah dan ekstrem tinggi.

Sementara prediksi penyakit yang terjadi April 2021, baik di broiler dan layer masih didominasi penyakit viral seperti Newcastle Disease (ND) dan Infectious Bursal Disease (IBD), dimana penyakit tersebut juga menunjukkan perannya biosekuriti dan disinfeksi sebagai preventive action terhadap kejadian tersebut.

Kemunculan kasus penyakit viral tidak lain berkaitan erat dengan keberhasilan/kegagalan program biosekuriti. Biosekuriti adalah program yang dirancang untuk melindungi agar ayam terhindari dari bibit penyakit dari luar dan agar bibit penyakit tidak menyebar keluar peternakan, serta menginfeksi peternakan lain. Maka dalam operasionalnya dikenal tiga konsep utama, yaitu pengendalian lalu lintas (transportasi), isolasi dan sanitasi, seperti diagram di bawah ini:


Bagaimana Bibit Patogen Bisa Masuk ke dalam Farm?

1. Pengaturan Lalu Lintas/Transportasi
Pengaturan lalu lintas bertujuan menyeleksi agar barang-barang yang masuk ke lingkungan kandang hanyalah barang-barang yang benar-benar diperlukan. Yang boleh masuk diantaranya adalah bibit (DOC/pullet), ransum, air, peralatan yang penting, vaksin, obat disinfektan dan pekerja. Selain itu, semua kendaraan yang mau masuk ke kandang wajib dilakukan disinfeksi terlebih dahulu.

Selain lingkungan yang... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi April 2021. 

Ditulis oleh: 
Drh Sumarno Wignyo
Senior Manager AHS PT Sreeya Sewu Indonesia

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer