Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini SEKTOR SUSU UKRAINA MEMINTA BANTUAN NEGARA SECARA MENDESAK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

SEKTOR SUSU UKRAINA MEMINTA BANTUAN NEGARA SECARA MENDESAK

Pengolah susu Ukraina memohon dukungan negara secara mendesak karena kekurangan bahan baku dan lonjakan impor menghambat operasi. Parlemen Ukraina telah menjadwalkan sidang pada 8 Februari untuk membahas situasi industri susu saat ini. Keluhan dari pengolah susu tentang defisit tajam susu mentah adalah topik utama dalam agenda, menurut Arsen Didur, direktur eksekutif Uni perusahaan industri susu Ukraina.

Pada tahun 2023, populasi sapi di Ukraina turun 4% menjadi 1,29 juta, menurut perhitungan awal Kementerian Pertanian dan Pangan Ukraina. Kekurangan ini menambah tekanan sepanjang rantai nilai, mendorong harga lebih tinggi. Sebagai contoh, harga rata-rata mentega di pasar Ukraina tahun lalu melonjak 40%.

"Rasio pemanfaatan kapasitas rata-rata [dari pengolah susu Ukraina] adalah 50% hingga 60%. Ini berdampak pada biaya produksi dan daya saing," kata Didur kepada surat kabar lokal, Telegraph.

Tanpa bantuan negara, perusahaan susu tidak akan memodernisasi kapasitas produksi mereka atau mempertahankan operasi pada level tahun lalu.

Masalahnya tampak begitu tegang sehingga keamanan pangan Ukraina mungkin terancam. Didur menunjukkan bahwa Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, untuk tidak membiarkan situasi di industri susu memburuk lebih lanjut, telah mengeluarkan dekrit yang memerintahkan otoritas untuk memulai rencana pengembangan 10 tahun. Tanpa itu, industri akan ditakdirkan untuk melemah secara bertahap.

"Jika kita tidak merangsang produksi susu dan meningkatkan jumlah ternak karena dukungan negara," kata Didur, "maka kita akan terus memiliki defisit. Akibatnya, tentu saja, akan ada harga tinggi untuk bahan baku. Sekarang kita sudah kehilangan beberapa pasar asing karena biaya yang meningkat.”

Dia menambahkan bahwa pasar domestik akan hilang. "Jika hari ini kita sudah kehilangan secara signifikan dalam keju, maka besok kita akan kehilangannya dalam keju cottage, serta dalam produk susu yang sama."

Namun, anggaran nasional Ukraina 2024 sudah disusun tanpa dana ekstra untuk mendukung bisnis susu. Bantuan apa pun yang disetujui oleh para pembuat undang-undang untuk sektor ini tidak akan datang lebih awal dari 2025. Sementara itu, pertanyaan besarnya adalah apakah anggaran nasional yang sudah tegang ini dapat membiayai subsidi untuk produsen susu. (Via Dairyglobal)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer