Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini RENCANA AMBISIUS PENGEMBANGAN SUSU KAZAKHSTAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

RENCANA AMBISIUS PENGEMBANGAN SUSU KAZAKHSTAN

Kazakhstan telah mengumumkan rencana untuk meningkatkan jumlah ternak sapi perah sebanyak 100.000 ekor dan produksi susu sebanyak 725.000 ton dalam empat tahun ke depan. Beberapa pelaku pasar menyatakan skeptisisme bahwa semua proyek akan berhasil dilaksanakan. Pertumbuhan ini seharusnya terutama didorong oleh pinjaman pemerintah dengan suku bunga bersubsidi untuk pembangunan dan modernisasi peternakan susu serta infrastruktur pengolahan susu.

Pada tahun 2023, rencana untuk membangun 81 peternakan susu dan 17 pabrik pengolahan susu diumumkan di Kazakhstan, banyak di antaranya dengan bantuan negara. Namun, masih harus dilihat apakah semua proyek ini akan diimplementasikan.

Mikhail Mishenko, direktur Dairy Intelligence Agency, sebuah think tank berbasis di Moskow, menyatakan keraguan bahwa angka yang dirilis realistis.

Daniyar Abitaev, wakil direktur jenderal perusahaan susu lokal OAHK, mengatakan bahwa hanya 10% dari proyek yang diumumkan yang akan diimplementasikan. Dia menyebutkan kekurangan tenaga kerja, terutama defisit personel yang sangat terampil, sebagai kendala utama untuk proyek susu baru di Kazakhstan.

Akan menjadi tantangan bagi Kazakhstan untuk membeli 100.000 ternak, terutama hewan yang sangat produktif, dalam waktu yang relatif singkat, kata Mishenko. Selain itu, akan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk mengembalikan investasi di industri susu, kata Abitaev. Akibatnya, investor biasanya enggan terjun ke proyek besar di sektor susu.

Selain itu, Mishenko menyuarakan kekhawatiran bahwa rencana yang diungkapkan tidak menyebutkan apa-apa tentang pakan hewan. Kurangnya pakan dalam beberapa kasus dapat sangat membebani rencana ekspansi. Selain itu, Kazakhstan memiliki kapasitas pengolahan yang tidak mencukupi untuk menangani 725.000 ton susu, kata Mishenko, menekankan bahwa 17 pabrik yang direncanakan tidak akan membuat perbedaan.

Amat Saginbaev, direktur eksekutif Kamar Industri Susu Kazakhstan, memperingatkan bahwa beberapa peternak mungkin mencari uang murah dan tidak menyadari apa yang mereka daftarkan. Dia setuju bahwa beberapa rencana pengembangan yang baru-baru ini diungkapkan mungkin akhirnya dibatalkan.

Selama beberapa tahun terakhir, otoritas Kazakhstan dan organisasi bisnis telah membagikan tujuan ambisius untuk meningkatkan produksi dan ekspor akuakultur dan daging sapi. Namun, dalam kedua industri tersebut, rencana yang dinyatakan tidak menghasilkan peningkatan kinerja produksi yang sebenarnya. (Via Dairyglobal)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer