Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BISAKAH MUSIK KLASIK MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN AYAM BROILER? | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BISAKAH MUSIK KLASIK MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN AYAM BROILER?

Musik klasik dapat membantu mengatasi beberapa fitur negatif kesehatan dan kesejahteraan yang terkait dengan pemeliharaan ayam broiler dalam kepadatan tinggi, menurut penelitian terbaru. Kepadatan yang tinggi adalah salah satu faktor yang dapat dengan mudah menyebabkan stres oksidatif dan reaksi inflamasi pada ayam broiler. Di masa lalu, terapi musik telah diusulkan untuk membantu mengurangi stres pada hewan, tetapi belum jelas apakah musik klasik dapat mengurangi stres untuk ayam broiler yang dipelihara dalam kepadatan tinggi.

Oleh karena itu, peneliti dari Universitas Pertanian Hebei, Baoding, China, menyelidiki efek musik klasik terhadap kinerja pertumbuhan, tingkat stres, indeks antioksidan, fungsi imun, dan kualitas daging ayam broiler di bawah kepadatan yang berbeda. Sebanyak 540 ayam broiler berumur satu hari dengan berat badan serupa dibagi secara acak ke dalam 6 kelompok perlakuan, dengan 6 replikasi per kelompok, yang mencakup 2 lingkungan pemberian makan (dengan/tanpa musik klasik) dan 3 kepadatan (15,5; 17,9 dan 20,3 ekor/m²).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

  • Meningkatnya kepadatan menurunkan asupan pakan harian rata-rata dan penambahan berat badan harian.
  • Meningkatnya kepadatan meningkatkan rasio pakan terhadap pertumbuhan dan mortalitas ayam broiler.
  • Kepadatan yang meningkat mengakibatkan peningkatan level kortikosteron serum dan hormon adrenokortikotropik.
  • Meningkatnya kepadatan menurunkan indeks limpa dan bursa, level imunoglobulin A serum, imunoglobulin G, dan imunoglobulin M.
  • Meningkatnya kepadatan meningkatkan malondialdehid serum dan menurunkan aktivitas katalase, superoksida dismutase, dan glutathione peroksidase.
  • Meningkatnya kepadatan menurunkan level protein total serum dan meningkatkan kolesterol total dan level glukosa.

Sementara itu, dimainkannya musik klasik untuk ayam broiler meningkatkan ADG (Average Daily Gain) dan menurunkan F/G (Feed/Gain ratio) serta kortikosteron serum, hormon adrenokortikotropik, dan konten glukosa. Selain itu, indeks bursa fabricius, konten imunoglobulin A serum dan imunoglobulin G serta nilai a24h dari pectoralis meningkat.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa kepadatan yang tinggi (20,3 ekor/m²) merugikan kinerja pertumbuhan dan kesehatan ayam broiler, tetapi stimulus musik klasik memperbaiki efek negatif tersebut hingga batas tertentu. (Via Poultryworld)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer