Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BAGAIMANA MENENTUKAN UMUR PANEN AYAM BROILER? | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BAGAIMANA MENENTUKAN UMUR PANEN AYAM BROILER?

umur panen ayam broiler

Umur panen ayam broiler yang terbaik tergantung pada beberapa faktor. Tidak ada patokan tunggal yang berlaku untuk semua peternakan broiler. Setiap peternak bisa berbeda pada umur berapa ayam mereka dipanen.

Berikut di antaranya beberapa hal yang dipertimbangkan untuk menentukan umur panen ayam broiler.

Menyesuaikan Selera Konsumen

Ayam dipanen setelah mencapai bobot yang diinginkan atau disukai oleh target pasar. Misalnya pasar rumah tangga lebih menyukai ayam broiler yang tidak terlalu besar, antara 1-1,3 kg misalnya.

Atau target pasarnya adalah industri daging ayam olahan untuk diproses menjadi sosis, nugget, bakso, dan lainnya. Biasanya mereka menyukai ukuran ayam yang lebih besar, maka ayam dipanen ketika bobotnya misalnya sudah mencapai 2-2,5 kg.

Kalau target pasarnya restoran atau rumah makan pun berbeda permintaannya. Contoh warung sate menyukai ayam berkuran besar, sedangkan warung ayam bakar taliwang yang dijual per ekor membutuhkan ayam yang ukurannya lebih kecil.

Dipanen Saat Harga Tinggi

Harga jual daging ayam cukup fluktuatif. Jika harga sedang rendah peternak bisa menunda panen, namun perlu perhitungan yang cermat agar tidak malah rugi. Jika harga sedang tinggi, misalnya di bulan ramadan dan lebaran, peternak bisa mempercepat panennya agar profitnya lebih besar.

Tergantung Program Kemitraan

Ada banyak peternak yang menjalin kerjasama kemitraan dengan perusahaan. Biasanya perusahaan menentukan kapan ayam broiler sebaiknya dipanen. Mungkin ada yang menentukan dari bobot badan, atau dari umur misalnya harus dipanen saat umur 32-35 hari dimana dianggap sebagai umur optimal bagi produktivitas ayam broiler. Maka peternak akan memanen ayamnya sesuai kesepakatan dengan perusahaan.

Serangan Penyakit

Ayam broiler juga bisa dipanen lebih awal ketika peternakan terserang penyakit, agar tidak boros biaya pengobatan, pakan, serta mencegah penurunan bobot badan dan kematian yang tinggi. Karenanya ayam yang masih sehat bisa secepatnya dipanen untuk menekan kerugian.

Kesimpulan yang bisa kami berikan idealnya peternak menentukan umur panen ayam broiler dengan pertimbangan yang matang. Sehingga tetap bisa mendapatkan laba yang layak, modal bisa diputar kembali, dan biaya operasional tidak membengkak.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer