Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini APA ITU AYAM KARKAS? | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

APA ITU AYAM KARKAS?

Ayam karkas adalah daging ayam utuh bertulang tanpa kepala, leher, ceker, jeroan (isi perut), dan sudah dibersihkan bulunya. Selain bagian-bagian yang telah disebutkan, bagian lain masih ada lengkap seperti paha, dada, sayap, dan lainnya.

Karkas ayam termasuk komoditas yang paling banyak diperdagangkan. Merupakan hasil proses pemotongan yang dihasilkan setelah melalui tahapan pemeriksaan ante mortem, penyembelihan, pembuangan darah, pencabutan bulu, pemotongan kaki (ceker), pembuangan jeroan, dan pencucian.

Ayam karkas biasa dijual di pasar tradisional maupun modern. Namun ketika dimasak jarang yang memasaknya secara utuh dan umumnya dipotong lebih dahulu. Potongannya biasanya berjumlah gelap.

Contoh potongan ayam karkas antara lain:

  • Potong dua, dibelah secara vertikal.
  • Potong empat, dipotong dua secara vertikal dahulu, kemudian masing-masing bagian dipotong dua secara horisontal.
  • Potong enam, delapan atau lebih.

Ayam karkas yang bagus dan sehat cirinya antara lain serat daging bagus tidak mudah hancur juga tidak terlalu kenyal. Daging tidak mengandung air dan tidak ada memar. Warna ayam segar, kulitnya mulus dengan tekstur kenyal yang normal. Baunya khas daging ayam dan tulangnya tidak ada yang rusak.

Namun pengertian ayam karkas agak berbeda di dunia kuliner, khususnya kuliner western. Yang disebut ayam karkas dalam dunia kuliner western adalah rangka ayam, yaitu tulang ayam utuh yang sudah diambil seluruh dagingnya (dada, paha, sayap, dsb), meski masih ada sedikit sisa daging dan lemak yang melekat. Biasanya digunakan untuk membuat kaldu ayam di masakan western.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer