Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini UKRAINA: PETERNAK TELUR MENINGKATKAN PRODUKSI SETELAH PEMADAMAN LISTRIK BERAKHIR | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

UKRAINA: PETERNAK TELUR MENINGKATKAN PRODUKSI SETELAH PEMADAMAN LISTRIK BERAKHIR

Segera setelah situasi di pasar energi Ukraina stabil, peternak telur Ukraina akan mulai memulihkan produksi secara bertahap, kata Vladimir Ponomarenko, kepala divisi produksi perusahaan pertanian Ukraina Interbusiness.

Dalam beberapa tahun terakhir, produsen telur Ukraina beroperasi dengan keuntungan minimal pada titik impas, hampir tidak memiliki peluang untuk memperluas kapasitas produksi menggunakan omset mereka, katanya, menambahkan bahwa hanya perusahaan dengan bisnis lain, seperti budidaya tanaman atau yang menarik investasi dari luar, memiliki kesempatan untuk berkembang.

Namun, saat ini, hal-hal telah memburuk secara signifikan di segmen budidaya tanaman, dan tidak ada lagi pilihan untuk menghasilkan uang dari produksi biji-bijian untuk mendanai divisi telur, tambahnya.

Ukraina mengalami gejolak di pasar telur domestik karena penghancuran kapasitas, karena lebih dari setengah peternakan telur terbesar di Ukraina telah menghentikan operasinya. Peternakan yang tersisa mengalami pemadaman listrik berulang kali.

Perusahaan energi negara Ukraina, Ukrenergo, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 17 Desember bahwa konsumsi energi telah turun hingga 50% karena serangan rudal Rusia dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan pasokan listrik daripada setelah serangan sebelumnya.

Infrastruktur energi terpukul di seluruh negeri, mengakibatkan pemadaman total di setidaknya 2 wilayah, serta pemadaman listrik darurat untuk menstabilkan jaringan di wilayah lain, tambah Ukrenergo.

Pemadaman listrik menghambat operasi peternakan unggas dan pabrik pengolahan daging di seluruh negeri, mengakibatkan produksi lebih rendah dan harga lebih tinggi.

Ponomarenko mengatakan bahwa masalah pertanian Ukraina mendorong harga di pasar telur dunia pada 2022.

“Mungkin tidak ada yang sepenuhnya menyadari betapa besar peran yang dimainkan Ukraina di pasar pertanian global. Sejumlah negara belum menerima sebagian besar dari hasil panen murah kami. Ini menyebabkan kenaikan harga telur ayam,” kata Ponomarenko.

Ukraina adalah salah satu pengekspor telur terbesar di Eropa pada tahun-tahun sebelumnya, menjual produk telur terutama ke Timur Tengah dan Afrika Utara. Namun, ekspor tahun ini tetap rendah karena jalur logistik utama terletak melalui pelabuhan laut, yang tetap diblokir sejak awal konflik. Mengekspor telur melalui darat mahal dan tidak menguntungkan.

Di sisi lain, peternak telur Ukraina mendapat dukungan dari biji-bijian pakan murah di pasar domestik. Namun, faktor ini diperkirakan akan mereda di masa mendatang.

“Kita harus memahami bahwa setelah perang berakhir, ketika perusahaan tanaman memiliki kesempatan untuk mengekspor bahan baku biji-bijian melalui pelabuhan, biaya pakan unggas di pasar domestik juga akan meningkat,” tegas Ponomarenko. (via Poultryworld)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer