Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PEMBERIAN AIR MINUM PADA AYAM BROILER | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PEMBERIAN AIR MINUM PADA AYAM BROILER

Akses ke air juga harus baik terutama untuk ayam yang masih kecil. (Foto: Shutterstock)

“Air adalah faktor yang biasanya diremehkan dalam peternakan unggas,” kata International Specialist Poultry De Heus Animal Nutrition, Jan van den Brink, dalam webinar Water: Quality and Quantity of Rearing Broiler in Rainy Season, Rabu (23/2). “Kadang terlalu banyak atau sedikit pemberiannya. Kita bisa menerapkan mengatur jumlah air karena air yang diperlukan juga berbeda-beda dari setiap umur broiler.”

Air penting untuk diperhatikan karena asupan air yang tepat akan memberikan asupan pakan yang tepat, dengan kata lain tidak ada air maka ayam tidak akan makan. Akses ke air juga harus baik terutama untuk ayam yang masih kecil, tentu berbeda ketinggian nipple yang dibutuhkan dengan ayam yang sudah besar.

Risiko Tumpahan Air
Air yang digunakan terdiri dari air yang dikonsumsi oleh ayam dan air yang tumpah. Air tidak semuanya masuk ke tubuh ayam dan bisa tumpah ke litter/sekam. Tumpahan air pada sekam akan menyebabkan beberapa permasalahan seperti luka telapak kaki yang menyebabkan ayam kesulitan mengakses pakan.

Sekam basah menyebabkan amonia yang mengganggu ayam dan asam urat yang berpengaruh terhadap ayam. Sekam akan menggumpal. Juga luka lepuh di dada jika ayam tidur di atas sekam basah.

Luka telapak kaki ayam bisa digolongkan dalam tiga kelas. Kelas 0 tidak ada luka, kelas I lukanya ringan sehingga ayam tidak terlalu menderita dan kelas II dengan luka parah yang menyebabkan ayam kesulitan mengakses pakan dan minum.

Luka telapak kaki bisa berasal dari sekam basah dan struktur kulit yang bermasalah, namun sekam basah adalah faktor penyebab yang paling besar.

Luka lepuh di dada merupakan konsekuensi dari kualitas sekam yang buruk. Jika ayam duduk lama di atas sekam yang basah akan menghasilkan panas selain dari ayam sendiri, yang suhunya sampai 40° C. Panas dan lembap akan menyebabkan kulit dada melepuh. Selain itu, sekam yang kotor juga bisa membuat bulu ayam menjadi kotor.

Kualitas Sekam
Tujuan utamanya adalah... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2022. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL POPULER MINGGU INI

ARTIKEL POPULER BULAN INI

ARTIKEL POPULER TAHUN INI

Translate


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer