Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini YUDI GUNTARA NOOR, KETUA UMUM HPDKI PERIODE 2021-2026 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

YUDI GUNTARA NOOR, KETUA UMUM HPDKI PERIODE 2021-2026

Yudi Guntara Noor

Yudi Guntara Noor terpilih kembali menjadi Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) periode 2021-2026 melalui Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 HPDKI yang digelar pada Kamis-Jumat, 2-3 Desember 2021 di kawasan Banten.

Dalam pemungutan suara/voting yang dilakukan secara online dan offline, Yudi memperoleh total 72 kertas suara. Calon ketua lainnya yakni Aprila Respati Adi (Didi) mendapatkan 22 suara.

Pemungutan suara

Sesuai dengan tema yang diusung dalam Munas yaitu ‘Revitalisasi Peran HPDKI Menuju Visi Indonesia Maju’, Yudi memaparkan visinya mempersiapkan organisasi HPDKI menjelang visi Indonesia 2045 yang merupakan fase turning point di mana pertumbuhan penduduk yang pesat kemudian kemampuan ekonomi dibarengi dengan permintaan kebutuhan yang luar biasa tinggi.

Menyoroti fakta saat ini, Yudi mengatakan bahwa komoditas yang Indonesia miliki tidak menjadi tuan rumah di negeri sendiri. “Saya sedih, tukang bakso tidak meminta daging dari peternak kita, tetapi minta dari peternak luar,” ungkap pria kelahiran Bandung tahun 1970 ini.

Lanjut dia, pentingnya kita siapkan industri yang terintegrasi. “Saya membawa visi, mengajak bersama-sama peternak domba dan kambing untuk bisa menyongsong visi Indonesia Maju 2045 dengan menyiapkan pondasinya terlebih dulu dalam lima tahun ke depan,” jelas Yudi.

Sementara misinya adalah menjadikan peternak dombang kambing Indonesia yang produktif dan berdaya saing. Serta berkelanjutan dan terintegrasi dengan agribisnis domba kambing, efisien, dan sustain.

Industri hilir harus terintegrasi dengan industri hulu, sehingga kebutuhan kita di industri hilir akan menarik budidaya di hulu.

“Ini yang harus kita ciptakan. Kalau tidak produktif, kita bisa kehilangan daya saing,” tandas alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ini.

Selain itu, Yudi juga akan terus mendorong daging domba dan kambing menjadi alternatif protein daging bagi asupan masyarakat, di samping daging ayam dan sapi.

Mengakhiri sesi pemaparan visi misinya, Yudi menegaskan HPDKI akan tetap menjadi mitra strategis dari pemerintah dan stakeholder seperti perguruan tinggi.

Lancar

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Munas ke-4 HPDKI, Drh Ajat Sudarjat dihubungi Infovet Jumat (3/12) mengemukakan pelaksanaan munas berjalan lancar dengan beberapa penyesuaian terutama dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Dalam proses kita memastikan peserta memenuhi persyaratan protokol kesehatan karena sebagian besar berasal dari daerah. Panitia menyiapkan tim yang bertugas melakukan pemeriksaan swab antigen bekerja sama dengan Klinik Muhammadiyah Serang dan menempatkan petugas pemeriksa suhu tubuh di depan pintu masuk ruangan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang,” terang Ajat.

Ajat menambahkan, harapan HPDKI dengan terpilihnya ketua umum yang baru adalah bisa meningkatkan peran serta peternak domba dan kambing dalam membantu pemerintah menjadikan daging ternak domba dan kambing menjadi alternatif pemenuhan daging nasional.

“Dari aspek peternak, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan peternak melalui peningkatan produktivitas ternak dan penguatan kelembagaan peternak domba dan kambing Indonesia,” pungkasnya. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer