Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AGAR AI TIDAK KERASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AGAR AI TIDAK KERASAN

Wabah AI di Indonesia kini tidak hits seperti pada masa awal mewabah. Namun hal tersebut bukan berarti peternak bisa lengah terutama dalam unsur pemeliharaan ayam. (Sumber: Istimewa)

Sebagai negara dengan iklim tropis, pastilah mikroorganisme patogen kerasan tinggal di Indonesia. Bukannya tanpa daya dan upaya, berbagai cara telah dilakukan oleh seluruh stakeholder dalam mengendalikan Avian Influenza (AI) dan teman-temannya. Lalu seberapa efektifkah upaya tersebut?

Memang jika dilihat lebih lanjut persoalan wabah AI di Indonesia kini tidak hits seperti pada masa awal AI mewabah. Namun hal tersebut bukan berarti peternak bisa lengah terutama dalam unsur pemeliharaan. Semakin zaman berubah, bibit-bibit penyakit juga akan berubah menyesuaikan dirinya dalam upaya survival layaknya manusia. Oleh karenanya, upaya pencegahan perlu dilakukan secara maksimal, berkesinambungan dan konsisten.

Upaya Pencegahan AI 
Dalam mengendalikan AI, idealnya memang harus dilakukan secara menyeluruh. Stamping out dan depopulasi selektif seharusnya dilakukan, namun risikonya akan ada kerugian ekonomi dari peternak akibat depopulasi akan sangat besar, pemerintah juga pasti tidak akan mampu memberikan kompensasi. Pada saat AI mewabah 2003 lalu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Keputusan Menteri Pertanian No. 96/Kpts/PD.620/2/2004 telah menetapkan sembilan langkah strategis dalam mengendalikan AI, diantaranya: 

1. Meningkatkan biosekuriti pada semua aspek manajemen
2. Depopulasi secara selektif kelompok ayam/unggas yang terinfeksi virus AI
3. Stamping out kelompok ayam/unggas pada daerah infeksi baru
4. Vaksinasi terhadap AI
5. Kontrol lalu lintas unggas, produk asal unggas dan produk sampingannya
6. Surveilans dan penelusuran kembali
7. Mengembangkan penyadaran masyarakat
8. Re-stocking
9. Monitoring dan evaluasi

Direktur Kesehatan Hewan, Kementan, Drh Fadjar Sumping Tjatur Rasa, mengatakan bahwa pada dasarnya pemerintah juga menerapkan konsep… (Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi April 2020) (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer