Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini RAT KOPERASI BERKAH TELUR BLITAR BAHAS SITUASI SULIT PETERNAK AYAM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

RAT KOPERASI BERKAH TELUR BLITAR BAHAS SITUASI SULIT PETERNAK AYAM

Kepengurusan Koperasi Berkah telur Blitar (Foto: Istimewa)


Minggu, 4 Februari 2024 Koperasi Berkah Telur Blitar menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai wujud pertanggungjawaban pengurus pada semua anggota.

Koperasi Berkah Telur Blitar merupakan kumpulan peternak rakyat dan pelaku UMKM berbasis peternakan beranggotakan sebagian besar profesional muda dan sarjana di bidangnya, serta beroperasional di kawasan Blitar Timur.

Anggota yang tergabung terdiri dari peternak ayam petelur, peternak kambing/domba, peternak ikan, dan UMKM produsen pangan.

Ketua Umum Koperasi Berkah Telur Blitar, Yesi Yuni Astuti mengemukakan ide untuk membuat wadah legal formal di kawasan Blitar timur sebagai wadah peternak rakyat ini pada September 2021. 

“Tanggal 8 Juli 2023 tercapai kesepakatan untuk membuat sebuah wadah berbentuk koperasi. Kemudian 23 Juli 2023 terbit akta dari Kemenkumham dan 2 Sebtember 2023 Koperasi Berkah Telur Blitar di-launching oleh bapak direktur SPHP Badan Pangan Nasional,” terang Yesi dalam keterangan resminya.

Empat bulan beroperasi, per tgl 31 Desember 2023 Koperasi Berkah Telur Blitar bisa membuat Laporan pertanggung jawaban pengurus, pengawas tahun buku 2023 dan rencana kerja dan rencana anggaran belanja tahun buku 2024.

“Dalam agenda hari ini RAT tahun buku 2023, kami manfaatkan juga untuk rapat koordinasi bagi para anggota dalam menghadapi situasi yang sulit saat ini yaitu harga pakan yang terus naik dan harga telur yang masih di bawah HPP,” kata Yesi. 

Lanjut Yesi, sudah 2 bulan lebih harga jagung jauh diatas HPP normal (harga terakhir Rp 9300) dan harga telur jauh dibawah HPP normal (harga terendah menyentuh Rp 21.000). 

Tentu hal ini adalah masa-masa sulit bagi peternak rakyat. “Semoga ke depan ada kebijakan-kebijakan dari pemerintah yang strategis yang bisa cepat meng-cover peternak rakyat di masa sulit,” harap Yesi.

Bidang ekonomi koperasi Berkah Telur Blitar yang terdiri dari divisi telur, divisi pakan/jagung, divisi ruminansia, divisi perikanan, divisi pangan dan olahan masing-masing memaparkan rencana kerja untuk satu tahun ke depan. (INF/NDV)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer