Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEMERANGI MIKOTOKSIN PADA UNGGAS MELALUI SPRAY DRY PLASMA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEMERANGI MIKOTOKSIN PADA UNGGAS MELALUI SPRAY DRY PLASMA

Jamur penghasil mikotoksin dapat tumbuh pada produk makanan tertentu, seperti biji-bijian dan pakan, serta dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan jika dikonsumsi oleh hewan, termasuk ayam.

Khususnya pada diet unggas, hal ini dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh, saluran pencernaan, hati dan organ lainnya, yang mengakibatkan penurunan keuntungan dan, dalam kondisi ekstrim, kematian.

Oleh karena itu, sektor perunggasan membutuhkan bahan tambahan yang membantu menangkal dampak negatif mikotoksin dalam pakan ternak. Diantaranya adalah spray dry plasma (SDP), yang merupakan campuran kompleks protein fungsional dengan sifat antibakteri seperti albumin, transferin, imunoglobulin dan glikoprotein, peptida bioaktif, faktor pertumbuhan, asam amino dan molekul lainnya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan awal bulan ini, peneliti dari Meksiko dan Amerika Serikat, menggunakan ayam Ross 308 (n=960), yang dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan.

  • Kelompok T1 diberi pakan kontrol (jagung-SBM).
  • Kelompok T2 diberi pakan kontrol +2% SDP.
  • Kelompok T3 diberi pakan kontrol +2% SDP dan campuran mikotoksin.
  • Kelompok T4 diberi pakan kontrol dan campuran mikotoksin.

Para peneliti menemukan bahwa kehadiran SDP mengakibatkan penambahan berat badan dan penurunan efisiensi pakan, sedangkan mikotoksin mengakibatkan penurunan berat badan dan peningkatan efisiensi pakan. SDP meningkatkan berat relatif timus.

Kehadiran mikotoksin meningkatkan rasio heterofil/limfosit. Hal ini juga mengurangi produksi IL-2 dan macrophage inflammatory protein=-3 Alpha (MIP-3a), sedangkan kehadiran SDP meningkatkan produksi FACTOR perangsang koloni makrofag (M=CSF). SDP menghasilkan konsentrasi IgA yang lebih tinggi pada pencucian usus dan trakea dibandingkan mikotoksin. Terakhir, menambahkan SDP ke dalam pakan ayam pedaging akan meningkatkan penambahan berat badan, efisiensi pakan, dan pengembangan sistem kekebalan tubuh.

Hasilnya, kata para ilmuwan, memberikan informasi yang mendukung bahwa SDP adalah alat yang menjanjikan untuk meningkatkan kekebalan dan kinerja unggas. (Via Allaboutfeed)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer