Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEVAC™ LSD MENGHALAU VIRUS LSD DAN MENCEGAH KERUGIAN PETERNAK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEVAC™ LSD MENGHALAU VIRUS LSD DAN MENCEGAH KERUGIAN PETERNAK

“Dua penyakit sapi yang saat ini sedang tren di Indonesia adalah PMK dan LSD. Penyakit ini sedikit banyak mengganggu bisnis peternakan sapi di Indonesia,” kata Irfan Wahyu Wijaya selaku NSM Kemin Biologics-Indonesia Philippines saat MEVAC™ LSD Launching pada Selasa, 1 Agustus 2023. “Semua pihak saat ini ikut serta dalam penanggulangan dan pencegahan LSD, termasuk KEMIN Biologics. Salah satu upaya kami adalah lebih dari 10 juta dosis MEVAC™ LSD sudah sudah beredar di dunia.”

Vaksinasi Tidak Hanya Menghalau Virus

“Semua penyakit yang sudah muncul sejak bumi ini ada sampai hari ini, yang hilang cuma satu yaitu rinderpest. Sisanya ada di sekitar kita, semua penyakit itu akan gampang muncul ketika situasinya mendukung,” jelas Drh Deddy F Kurniawan, pendiri Dairy Pro Indonesia.

Dahulu Indonesia pernah outbreak PMK dan belum lama terulang kembali. Belum lama outbreak LSD dan sekarang mulai mereda tapi mungkin suatu saat akan muncul lagi.

Deddy menceritakan sewaktu wabah PMK sekitar 30.000 induk sapi perah hilang, bukan karena PMK saja tapi terutama karena kepanikan peternak. Pada wabah LSD juga demikian. Akhirnya tujuan profitability peternakan sapi perah maupun sapi potong tidak tercapai.

Lebih lanjut Deddy menjelaskan bahwa setiap infeksi virus bisa menyebabkan infeksi bakteri kemudian menyebabkan permasalahan metabolisme. Selanjutnya akan menyebabkan permasalahan reproduksi seperti abortus, tidak muncul ovulasi, dan sebagainya.

Bisa disimpulkan bahwa vaksinasi tidak sekedar mencegah LSD namun juga mencegah penyakit-penyakit sekunder, mencegah masalah reproduksi dan mencegah peternak mengalami kerugian finansial.

MEVAC™ LSD Aman

MEVAC™ LSD adalah vaksin live attenuated untuk LSD produksi Kemin Biologics yang menggunakan virus LSD neethling strain, bukan dari goat pox atau sheep pox.

“MEVAC™ LSD adalah vaksin yang aman. Telah dilakukan safety test dengan dosis yang disarankan dan suhu badan sapi tidak ada perubahan, kecuali sangat sedikit sekitar 0,2°C di hari ke-12. Tidak ada reaksi apapun seperti pembengkakan kelenjar dan lainnya. Begitu pun ketika dosis dinaikkan 10 kali masih aman dan tidak ada perubahan yang berarti,” terang Dr Abdallah Makahleh, Global Technical Service Manager, KEMIN Biologics.

Untuk mengetahui apakah MEVAC™ LSD ada replikasi sifat virulennya setelah disuntikkan dilakukan back passage 5 kali. Kelompok sapi pertama disuntik 10 kali dosis, setelah ada gejala klinis akan diinokulasi disuntikkan di kelompok sapi berikutnya dan hal ini dilakukan sampai 5 kali.

Hasilnya suhu tubuh sapi dari kelompok 1 sampai 5 ini tidak ada perbedaan. Membuktikan bahwa vaksin MEVAC™ LSD tidak akan mencemari lingkungan dan tidak akan berubah menjadi virus yang menyebabkan outbreak.

Aplikasi MEVAC™ LSD di Lapangan

Di Vietnam dilakukan uji lapangan untuk safety pada 5 sapi bunting. Dan untuk efikasi pada 65 sapi bunting, kering kandang, dan laktasi. Masing-masing sapi diberikan 10 kali dosis.

Kelompok safety tidak menunjukkan gejala hipereaksi sama sekali. Kelompok efikasi beberapa menunjukkan adanya nodul kecil pada bekas suntikan yang hilang 5 jam setelah vaksinasi tanpa treatment apapun. Juga tidak ada kasus aborsi untuk kedua kelompok.

Outbreak LSD di Thailand kenaikannya sangat tinggi antara bulan April sampai Agustus 2021. Tetapi setelah menggunakan MEVAC™ LSD dari Agustus 2021 sampai Maret 2022 kasusnya berkurang jauh sekali. Vaksinasi menurunkan 98,5% kejadian outbreak pada 2021 dan menjadi 99,4% pada 2022.

“Sejak akhir Mei sudah mulai kita pasarkan untuk non-government. PT SHS International sebagai distributor resmi Kemin Biologics sudah bisa memasarkan sekitar 130.000 dosis,” Drh Indriana Sri Redjeki, Product Manager Vaccine PT SHS International menjelaskan. “Harapannya dengan kerjasama kami dengan Kemin Biologics ini bisa memudahkan segala pihak untuk mengakses pemakaian vaksin MEVAC™ LSD.” (ADV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer