Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini RDP DPRD SULSEL MEMBAHAS PERSAINGAN TIDAK SEHAT DI INDUSTRI PERUNGGASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

RDP DPRD SULSEL MEMBAHAS PERSAINGAN TIDAK SEHAT DI INDUSTRI PERUNGGASAN

Komisi B DPRD provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Forum Komunikasi Peternak Broiler (FKPB) Sulawesi Selatan pada Jumat, 14 April 2023. Dalam RDP tersebut dibahas dugaan adanya persaingan tidak sehat di industri perunggasan. DPRD juga mengundang Kakanwil VI KPPU, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Perdagangan, dan Kepala Dinas Perindustrian Sulsel.

RDP berawal dari diskusi informal antara komunitas peternak ayam broiler di Makassar melalui wadah yang disebut sebagai Forum Komunikasi Peternak Broiler (FKPB) Sulsel. Kemudian mengerucut FKPB Sulsel mengadukan perihal merosotnya harga ayam hidup di tingkat peternak yang sudah berlangsung selama sepuluh bulan, pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel.

Dinas PKH Sulsel menindaklanjutinya dengan mempertemukan stakeholder terkait dalam sebuah forum diskusi pada 29 Maret 2023. Meliputi para pelaku industri peternakan broiler di Sulsel termasuk Balai Karantina Hewan, Biro Perekonomian dan Pembangunan Sulsel, KPPU, Tim Pengendali Inflasi Bank Indonesia, dan Direktorat Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian.

Kemudian pada (14/4) diadalan RDP dimana Forum Kemitraan Peternak Ayam Broiler (FKPAB) Makassar menyampaikan aspirasi terkait akan terjadinya oligopoli atau monopoli usaha peternakan oleh pebisnis kapitalis. Sehingga akan menyebabkan inflasi karena industri ayam broiler menjadi tidak sehat.

FKPB Sulsel berharap pemerintah segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalah yang ada. Termasuk menstabilkan harga ayam. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer