Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini HIMBAUAN PPSKI KEPADA PEMERINTAH DALAM PENANGANAN WABAH PMK DI INDONESIA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

HIMBAUAN PPSKI KEPADA PEMERINTAH DALAM PENANGANAN WABAH PMK DI INDONESIA

Ilustrasi

Terkait wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang sedang terjadi di Indonesia, PPSKI (Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia) melalui press release menghimbau pemerintah agar:

  1. Stop lalu lintas ternak antar kabupaten/kota.
  2. Stop lalu lintas produk-produk pertanian mentah maupun olahan.
  3. Pengawasan transportasi ketat, yaitu terutama kendaraan dan manusia yang akan keluar dari daerah wabah.
  4. Tutup pasar hewan di daerah wabah.
  5. Bentuk segera pos-pos pemeriksaan untuk lalu lintas hewan ternak, dan produk-produk pertanian mentah ataupun olahan.
  6. Segera dilakukan biosurveillance serempak pada semua hewan ternak yang mungkin dapat tertular PMK, termasuk hewan-hewan liar dan juga yang ada di kebun-kebun binatang.
  7. Harus dapat diisolasi FMD Virus, ditentukan serotype-nya, dilakukan sequencing dan phylogenetic.
  8. Berdasarkan butir 7 tersebut, maka vaksinasi dan ring vaksinasi dengan seed FMDV yang sesuai dengan isolat FMDV yang bersirkulasi di lapangan harus segera dilakukan.
  9. Dilakukan disinfektansia dengan pH asam (pH dibawah 4) atau pH basa (pH diatas 11) di daerah dan di luar sekitar wabah (ring disinfektansia), dibuat eco friendly.
  10. Pejabat Deptan/drh/siapa saja yang ikut rapat dan dalam rapat-rapat tersebut sebelumnya (mungkin jika ada) yang merekomendasikan kepada pemerintah untuk dapat secara resmi mengimpor daging dari wilayah/negara endemik (juga termasuk dari wilayah/negara yang bebas FMDV dengan cara vaksinasi) perlu dipanggil dan dimintai pertanggungan jawabnya (berkaca dan belajar dari kasus Bank Century). Hal tersebut sangat perlu dilakukan demi penuntasan kasus FMDV dan pembelajaran demi masa depan pertanian yang optimal.
  11. Stop impor daging India.

(INF/Rilis)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer