Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENGARUH WARNA PAKAN PADA PERFORMA BROILER | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENGARUH WARNA PAKAN PADA PERFORMA BROILER



Unggas, termasuk ayam, dapat melihat dalam rentang spektrum warna yang luas, dan beberapa warna dapat menjadi rangsangan bagi mereka. Sebuah studi dilakukan oleh Joseph P Gulizia dan Kevin M Downs di School of Agriculture di Middle Tennessee State University di AS, untuk menentukan apakah pakan berwarna dapat merangsang ayam broiler untuk mengkonsumsi lebih banyak pakan.

Ayam memiliki penglihatan trikromatik yang berkembang dengan baik, memungkinkan mereka untuk melihat semua bagian dari spektrum cahaya yang tampak dan beberapa ultraviolet. Telah dilaporkan bahwa aktivitas ayam seperti mematuk, dapat dipengaruhi oleh warna dan dapat digunakan untuk meningkatkan minatnya pada makanan tertentu.

Meskipun agak tidak konsisten, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa warna pakan berpotensi meningkatkan atau menurunkan konsumsi pakan pada ayam broiler, sehingga mempengaruhi pertambahan bobot badan selama masa pertumbuhan. H Khosravinia mengamati bahwa ayam broiler mengkonsumsi pakan secara signifikan lebih banyak dengan pencahayaan hijau dan pakan hijau dibandingkan kombinasi cahaya dan pakan lainnya.

Selain itu, JB Cooper mengeksplorasi warna pakan pada kalkun dan melaporkan bahwa unggas lebih menyukai warna hijau, seperti yang ditunjukkan oleh penerimaan mereka yang kuat terhadap pakan hijau. White Leghorn diuji responnya terhadap warna pakan merah, kuning, hijau, dan biru, hasilnya paling menyukai pakan biru dan kurang menyukai pakan merah yang secara signifikan mengurangi konsumsi pakan. Sebaliknya, Leslie menemukan bahwa ketika anak ayam broiler diberi pilihan antara pakan yang tidak berwarna dan berwarna, mereka lebih memilih pakan yang tidak berwarna.

Untuk memperluas pengetahuan dasar terkait dengan pewarnaan pakan unggas, penelitian dilakukan untuk menilai bagaimana perubahan warna pakan dapat mempengaruhi kinerja ayam broiler yang tumbuh hingga usia 21 hari. Warna yang dipilih untuk penelitian mewakili warna primer dan sekunder, dan mewakili panjang gelombang yang lebih panjang (merah, oranye, kuning, hijau) dan lebih pendek (biru dan ungu).

2 percobaan dilakukan di School of Agriculture di Middle Tennessee State University untuk menentukan efek warna pakan pada kinerja ayam pedaging:

  • Percobaan 1 meliputi 4 treatment yaitu kontrol (diet starter ayam pedaging lengkap), merah, hijau, dan biru.
  • Percobaan 2 meliputi 4 treatment, yaitu kontrol, oranye, kuning, dan ungu.

Perlakuan warna makanan terdiri dari pewarna bubuk human food grade non nutrisi. Diet kontrol tidak memiliki inklusi pewarna. Setiap tratment (60 ekor/treatment) diberikan kepada 240 ekor ayam broiler Cobb 500 jantan selama 21 hari pembesaran, dan data dianalisis.

Untuk Percobaan 1, ditemukan sedikit efek warna pakan pada performa ayam. Pakan merah dan hijau menekan AFCR hari 1 sampai 21 masing-masing sebesar 3,2 dan 2,4%, dibandingkan dengan pakan kontrol. Efek serupa dari pakan merah terlihat untuk AFCR antara hari 1 dan 14, dengan peningkatan 2,6% dibandingkan dengan pakan kontrol.

Ayam yang mengonsumsi pakan biru memiliki AFCR yang sama dengan ayam kontrol pada setiap periode waktu. Namun, tidak ada parameter kinerja lain yang berbeda di seluruh treatment dalam percobaan ini. Seperti hasil Percobaan 1, Percobaan 2 menunjukkan sedikit pengaruh pakan oranye, kuning, atau ungu pada performa ayam secara keseluruhan dibandingkan dengan pakan kontrol.

Namun, beberapa efek menarik terdeteksi. BWG antara hari ke 1 dan ke 14 unggas yang diberi pakan ungu 6,4% lebih tinggi dibandingkan unggas yang diberi pakan kuning.

Hasil kinerja ayam pedaging dari penelitian ini menunjukkan bahwa efek warna pakan tidak konsisten, tetapi tidak menunjukkan keengganan terhadap warna tertentu. (via poultryworld.net)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer