Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini AIR MINUM TERKONTROL PERFORMA AYAM TERKATROL | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

AIR MINUM TERKONTROL PERFORMA AYAM TERKATROL

Pada dasarnya air menjadi komponen penyusun terbesar dalam tubuh ayam. (Foto: Infovet/Ridwan)

Air adalah unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia maupun hewan. Bahkan dapat dipastikan tanpa pengembangan sumber daya air secara konsisten peradaban manusia dan perkembangan peternakan khususnya ayam tidak akan mencapai tingkat yang dinikmati sampai saat ini.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu faktor penting penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk kebutuhan air minum.

Air adalah materi esensial di dalam kehidupan, tidak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang tidak membutuhkan air. Sebagian besar tubuh manusia sendiri terdiri dari air, tubuh manusia dewasa rata-rata mengandung air sebanyak 55-60% dari berat badan, sedangkan untuk anak-anak sekitar 65% dan untuk bayi sekitar 80%.

Sedangkan untuk hewan khususnya ayam, pada dasarnya air menjadi komponen penyusun terbesar dalam tubuh ayam, yaitu sebesar 60-85% dari seluruh tubuhnya.

Air bersih dibutuhkan dalam seluruh kegiatan di  suatu lingkungan peternakan ayam, seperti untuk air minum seluruh penghuni farm (ayam dan orang), sebagai komponen untuk kebersihan seperti cuci kandang, cuci peralatan, disinfeksi dan mandi-cuci orang-orang yang tinggal di farm.

Air yang digunakan harus bebas dari kuman penyakit dan bebas dari bahan beracun. Bila ditinjau dari segi kualitas, ada beberapa persyaratan air minum yang harus dipenuhi, diantaranya... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Maret 2022. (MAS-AHD)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer