Sehat Cerah Indonesia

Sehat Cerah Indonesia

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

Farmsco

Farmsco

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI JANUARI 2020

EDISI JANUARI 2020

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno
Wakil Pemimpin Umum/Usaha
Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA
Redaktur Pelaksana
Ir. Darmanung Siswantoro
Koordinator Peliputan
Ridwan Bayu Seto
Nunung Dwi Verawati

Redaksi
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Dedy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.

Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Farur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi:
Nur Aidah,

Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar

Pemasaran

Anang Sam, CHt.


Alamat Redaksi:
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi : majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran : marketing.infovet@gmail.com

Rekening
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I
No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke: majalah.infovet@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Followers

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

STRES PADA AYAM: PENYEBAB DAN SOLUSINYA

On May 29, 2020

Dengan mengenali faktor-faktor dan cara mengatasi stres pada budidaya unggas, maka pemeliharaan akan lebih terarah dan produktivitas bisa optimal. (Sumber: ayamkita.com)

Stres adalah suatu kondisi atau keadaan yang terjadi, dimana terjadi ketegangan baik secara fisik ataupun psikologis. Stres sebenarnya wajar terjadi dalam suatu kehidupan, dimana tuntutannya adalah makhluk hidup harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi.

Bagaimana gambaran umum ayam yang mengalami stres? Berikut gambaran ayam yang mengalami stres seperti ayam terlihat gelisah di dalam kandang, sering membentangkan sayap, lebih banyak minum untuk menurunkan suhu tubuhnya, nafsu makannya menurun yang akan menghambat pertumbuhan atau produktivitasnya, serta bertambahnya kecepatan respirasi.

Apakah faktor-faktor yang menyebabkan ayam mengalami stres? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ayam stres, diantaranya perubahan cuaca secara tiba-tiba, ayam mengalami kelelahan atau sedang sakit, ventilasi dan kecukupan cahaya di kandang tidak memadai, seringnya keluar-masuk orang tidak dikenal, adanya suara kegaduhan atau kebisingan di sekitar lokasi peternakan, perawatan yang salah, perubahan ransum/air minum secara tiba-tiba dan luas kandang dengan jumlah unggas yang dipelihara tidak seimbang.

Namun tak perlu khawatir, dalam tulisan kali ini akan dibahas satu-persatu faktor penyebab stres dan cara penangannya pada ternak ayam:

1. Stres karena Lokasi 
Lokasi tempat peternakan yang bising atau suasana peternakan yang sering berganti juga dapat menimbulkan stres, sebab ayam harus beradaptasi terhadap suasana yang baru secara berulang kali. Cara mengatasinya adalah memilih lokasi peternakan yang jauh dari sumber kebisingan dengan suasana yang stabil tetapi masih memadai, cukup tersedia sumber mata air dan mudah dijangkau dengan sarana transportasi darat. Lokasi peternakan dengan tingkat kepadatan populasi yang tinggi juga akan membawa ayam kepada kondisi yang perlu beradaptasi tinggi, disamping rumitnya menerapkan pola pemeliharaan ayam yang harus dijalankan.

2. Stres karena Bibit/DOC
Jika induk dan bibit ayam yang dibeli kurang baik kualitasnya, biasanya akan menghasilkan keturunan yang cenderung mudah stres. Untuk mencegahnya adalah dengan membeli anak ayam (DOC) dari penjual yang terpercaya dan mencari keterangan dari yang sudah memelihara bibit tersebut atas kelebihan dan kekurangannya. Walaupun pada dasarnya semua produk bibit yang beredar tersebut adalah bibit unggulan dari segi produktivitasnya, namun ada beberapa perbedaan dalam karakter yang menjadi mudah atau sukar dalam hal pemeliharaanya. Hal inilah yang penting untuk diketahui para peternak.

3. Stres karena Kandang 
Keadaan kandang yang tidak sehat dapat menyebabkan ayam tidak nyaman, sehingga dapat mengakibatkan stres. Guna mencegahnya adalah… (Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Mei 2020) (AHD-MAS)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer