Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PEMBERIAN KACANG TANAH DAPAT MENINGKATKAN PERFORMA AYAM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PEMBERIAN KACANG TANAH DAPAT MENINGKATKAN PERFORMA AYAM

Sebuah studi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian makan kacang tanah utuh tinggi oleat menunjukkan bahwa pemberian kacang tanah pada ayam broiler dapat meningkatkan profil fatty acid daging.

Meskipun studi tambahan harus dilakukan, studi ini menunjukkan bahwa memberi makan kacang oleat tinggi yang tidak direbus ke ayam pedaging dapat meningkatkan profil fatty acid daging.

Penelitian yang bertajuk Feeding high-oleic peanuts to meat-type broiler chickens enhances the fatty acid profile of the meat produced ini dipublikasikan oleh Elsevier.

Di berbagai belahan dunia seperti India, Ghana dan Nigeria, tepung kacang tanah biasa digunakan sebagai sumber protein untuk pakan unggas. Namun, sangat sedikit penelitian yang telah dilakukan di AS yang meneliti penggunaan kacang sebagai bahan pakan alternatif bagi unggas untuk meningkatkan kandungan gizi atau kualitas daging dan/atau telur yang dihasilkan.

Studi pakan unggas oleh Pesti et al., (2003) dan Costa et al., (2001) telah mengidentifikasi tepung kacang tanah yang dibuat dari kacang tanah normal-oleat (asam oleat 52% dan asam linoleat 27%) sebagai pakan unggas yang baik. Namun demikian, beberapa penelitian telah meneliti penggunaan kultivar kacang tanah oleat tinggi modern (80% asam oleat dan 2% asam linoleat) sebagai bahan pakan untuk ayam jenis daging, dan menentukan pengaruhnya terhadap komposisi kimia dan kualitas daging yang dihasilkan.

Studi yang juga dilakukan di Market Quality & Handling Research Unit - Agricultural Research Service menunjukkan bahwa telur yang dihasilkan dari ayam petelur yang diberi pakan yang mengandung kacang oleat tinggi dan jagung memiliki kandungan b-karoten 1,35 kali lipat lebih tinggi, intensitas warna kuning telur 2 kali lipat lebih tinggi, dan kandungan minyak asam oleat tak jenuh tunggal juga lebih tinggi dibandingkan telur yang dihasilkan dari ayam petelur yang diberi pakan bungkil kedelai dan jagung konvensional.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer