Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KOKSIDIOSIS YANG TETAP EKSIS | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KOKSIDIOSIS YANG TETAP EKSIS


Koksidia adalah protozoa bersel tunggal yang bersifat parasit dari genus Eimeria spp. Koksidia ditularkan dari unggas ke unggas lainnya melalui rute fecal-oral dan memiliki siklus hidup dengan rata-rata selama tujuh hari. Spesies Eimeria spp. bersifat host-spesific. Koksidiosis pada unggas ditandai dengan adanya enteritis dan kerusakan jaringan intestinal. Kerusakan jaringan intestinal disebabkan oleh replikasi koksidia pada lapisan epitel saluran pencernaan. Infeksi koksidia menyebabkan feses berdarah, gangguan absorpsi nutrisi, penurunan performa dan kematian.

Pada industri peternakan rakyat saat ini, sangat banyak sekali penyakit-penyakit imunosupresif yang perlu diperhatikan penangananya agar tidak menimbulkan kerugian yang meluas. Koksidiosis termasuk salah satu penyakit penyebab imunosupresi, karena Eimeria spp. yang menginfeksi saluran pencernaan ayam dapat menyebabkan rusaknya dinding usus, sehingga fungsi dari sistem pertahanan lokal pada saluran pencernaan menjadi terganggu, serta tidak dapat berfungsi optimal menghasilkan zat kebal tubuh untuk memberikan perlindungan secara lokal, pada saluran pencernaan dari adanya infeksi agen penyakit lainnya.

Mekanisme lain terjadinya dampak imunosupresi yang ditimbulkan oleh infeksi kuman penyebab koksidiosis tersebut adalah karena sel-sel darah yang mengandung antibodi (zat kebal tubuh) dari hasil vaksinasi yang dilakukan/diberikan sebelumnya akan mengalami penurunan secara cepat dan drastis karena adanya rembesan darah yang keluar melalui dinding usus yang dirusak oleh infeksi Eimeria spp. penyebab koksidiosis.

Dampak imunosupresi yang ditimbulkan tersebut, menyebabkan ayam menjadi lebih peka terhadap infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri atau oleh agen infeksi lainnya. Pada kejadian lapangan, sering kali kejadian koksidiosis diikuti... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2022.
 
Ditulis oleh:
Drh Bayu Sulistya
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264, JAKARTA
Telp: 021-8300300

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer