Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TREN VAKSIN UNGGAS KEKINIAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TREN VAKSIN UNGGAS KEKINIAN

Vaksinasi in ovo, bentuk perkembangan teknologi sektor vaksin. (Foto: Istimewa)

Istilah vaksin mungkin sudah tidak asing di telinga masyarakat dikala suasana pandemi COVID-19. Sebagaimana diketahui, pada unggas juga dilakukan vaksinasi untuk mencegah berbagai penyakit utamanya yang berasal dari virus.

Sebagai pengingat, definisi dari vaksinasi sendiri adalah pemberian vaksin/antigen yang berasal dari mikroorganisme patogen yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Tujuannya sebagai upaya pencegahan primer dalam mencegah penyakit infeksius. Tentunya dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal.

Banyak jenis penyakit pada unggas yang dapat dicegah melalui vaksinasi. Mulai dari penyakit viral, bakterial, bahkan parasitik. Contoh vaksin yang biasa diberikan untuk unggas misalnya ND, Gumboro, ILT, IB, AI, Coryza dan lain sebagainya. Tentunya tiap vaksin memilki keunikannya masing-masing, mulai dari aspek pengaplikasian, teknologi yang digunakan, serta aspek lainnya.

Teknologi Beragam, Aplikasi Seragam
Kini seiring dengan berjalannya teknologi dan kemajuan zaman, tekonologi di bidang vaksinasi pun berkembang. Seperti diungkapkan Technical and Marketing Manager PT HIPRA Indonesia, Drh Diptya Cinantya. Menurutnya setiap produsen vaksin tentu sudah memiliki ciri khas dan teknologi masing-masing. Antara produsen satu dengan yang lain pasti akan berbeda, kalaupun ada kesamaan tetap akan ada aspek lain yang berbeda.

“Intinya enggak kaya copy paste, setiap pabrikan pasti ada aja yang unik dan tiap tahun berkembang, menyesuaikan dengan kebutuhan user dan perkembangan penyakitnya juga,” tutur Diptya.

Ia memberi contoh, beberapa tahun ke belakang mungkin banyak peternak masih menggunakan vaksin Gumboro ketika ayam memasuki usia beberapa hari di kandang, biasanya vaksin Gumboro “model lama” diberikan melalui air minum dengan bahan penambah susu skim.

“Kalau sekarang sudah berubah... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Juni 2022. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer