Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MEMAHAMI PENTINGNYA SISTEM IMUN AGAR PERFORMA AMAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MEMAHAMI PENTINGNYA SISTEM IMUN AGAR PERFORMA AMAN


Sistem imun tubuh merupakan mekanisme dan fungsi fisiologis yang amat penting bagi ayam. Bila sistem pertahanan tubuh berjalan optimal, maka ayam dapat tumbuh berkembang dan bereproduksi dengan optimal.

Selain itu, hal penting lain mengenai sistem pertahanan tubuh ayam adalah adanya pengetahuan mengenai ancaman-ancaman penyakit yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pada organ-organ pertahanan tubuh, sehingga perkembangan tubuh dan produksi terganggu.

Sistem Imun Tubuh Ayam
Pertahanan tubuh ayam dapat dibagi menjadi dua, yaitu pertahanan tubuh non-spesifik dan spesifik. Sistem pertahanan tubuh non-spesifik merupakan sistem pertahanan tubuh yang melindungi berbagai ancaman secara umum. Sistem pertahan non-spesifik berupa hambatan mekanik, seperti kulit, mukosa, mukus dan silia pada saluran pernapasan. Selain itu berupa fagositosis, sistem komplemen dan sel pembunuh.

Sementara sistem pertahanan tubuh spesifik berkaitan dengan adanya respon kekebalan tubuh yang dapat berperantara seluler maupun humoral. Respon kekebalan tubuh berperantara humoral dapat bersifat aktif maupun pasif. Sistem ini mampu mengenali antigen sebagai benda asing. Mempunyai spesifitas tertentu dan mempunyai memori atau ingatan terhadap antigen.

Respon kekebalan tubuh yang bersifat aktif merupakan... Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi April 2022.

Drh Yuni
Technical Department Manager
PT ROMINDO PRIMAVETCOM
Jl. DR Saharjo No. 264, JAKARTA
Telp: 021-8300300

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer