Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini MANAJEMEN VENTILASI PADA CLOSED HOUSE MODERN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

MANAJEMEN VENTILASI PADA CLOSED HOUSE MODERN

(Foto: Istimewa)

Pada Agustus 2020 terjadi kondisi lingkungan ekstrem, beberapa wilayah di Indonesia mengalami kondisi cauaca yang panas luar biasa. Hal ini berkorelasi terhadap peningkatan kejadian penyakit dengan mayoritas masih didominasi penyakit viral di ternak broiler maupun layer. Adapun data yang penulis himpun bekerja sama dengan PT Ceva sebagai berikut:

Gambar 1. Kejadian penyakit pada broiler Agustus 2020.

Gambar 2. Kejadian kasus penyakit layer Agustus 2020.

Penyakit pernapasan masih menjadi momok menakutkan bagi ayam broiler dimana dominasi penyakit masih seputar Newcastle Disease (ND) dan Chronic Respiratory Disease (CRD) yang berhubungan erat dengan manajemen ventilasi.

Kali ini penulis akan membahas manajemen ventilasi yang sesuai dengan kebutuhan ayam sehingga dapat meminimalisir kejadian penyakit pernapasan pada unggas.

Untuk mengendalikan kasus pernapasan ini, langkah yang paling penting adalah menjaga integritas sistem pernapasan dari gangguan berbagai faktor utama pemicunya. Hal ini dapat tercapai jika mampu menjaga sistem pernapasan, mulai saluran pernapasan bagian atas sampai bawah dengan memberikan kebututuhan udara sesuai kebutuhan unggas.

• Parameter Kenyamanan Ayam:
- Pencapaian suhu efektif disetiap umur dengan Index Heat Stress (IHS) <160
- Kelembapan <70%
- Suhu rectal (tubuh) ayam 39.5-40.6° C
- (Suhu tubuh - suhu lingkungan) > 8° C
- Suhu rata-rata siang - suhu rata-rata malam < 8° C
- Perilaku ayam aktif makan dan minum serta menyebar rata

Tata Laksana Manajemen Ventilasi
Konsep kandang sehat adalah berventilasi, yaitu adanya proses penggantian udara dalam ruang oleh udara segar dari luar, baik secara alami maupun dengan bantuan alat mekanis (kipas angin) yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan oksigen ayam dalam kandang, kemudian membuang gas beracun di dalam ruangan kandang, membatasi naiknya suhu panas dan kelembapan dalam kandang, serta menciptakan temperatur efektif sesuai kebutuhan ayam/fasenya.

Untuk memenuhi kebutuhan di atas, maka minimum ventilasi yang direkomendasikan adalah sebagai berikut: (Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Oktober 2020)

Ditulis Oleh:
Drh Sumarno (Sr Mgr AHS Central
& East Java PT Sreeya Sewu Indonesia) &
Han (Praktisi layer)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer