Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TAK PERLU STRES MENANGANI STRES PADA AYAM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TAK PERLU STRES MENANGANI STRES PADA AYAM

Pemberian nutrisi yang sesuai kebutuhan juga dapat membantu menekan stres yang terjadi pada ayam. (Foto: Dok. Infovet)

Menghadapi stres pada ayam memang susah-susah gampang. Karena terkendala komunikasi, tentunya peternak tidak bisa berbicara dengan hewan. Tetapi jangan sampai peternak juga ikutan stres dalam menghadapi ayam stres.

Walaupun sudah mengetahui beberapa gejala klinis atau tanda-tanda ayam yang stres, bukan berarti mengetahui ayam stres itu mudah. Pastinya yang ada dipikiran peternak atau dokter hewan di farm sudah mengarah kepada penyakit apabila ada terjadi penurunan performa, kematian mendadak dan lain sebagainya.

Hal ini diakui oleh Juwarno peternak broiler asal Klaten, Jawa Tengah. Walaupun sudah berpengalaman kurang lebih 10 tahun menjadi peternak, ia mengaku pernah dibuat stres menghadapi ayam-ayamnya yang ternyata juga terserang stres.

“Pernah baru chick-in sehari kandang saya besoknya mati mendadak, pernah juga sudah umur dua minggu tapi itu ayam kerdil, sudah gitu rata pula kerdilnya. Padahal sudah diperiksa dokter, sudah nekropsi cari penyebabnya, sampai akhirnya tahu kalau ternyata faktor stres,” ujar Juwarno.

Ia juga pernah suatu waktu karena mengejar dan memperhitungkan hari raya, ia mengisi kandang melebihi kapasitas. Ternyata bukan berbuah manis, namun pil pahit yang ia terima karena ayam-ayamnya banyak yang mati dan pertumbuhannya terhambat.

“Waktu itu deplesinya hampir 10%, saya ngejar momen munggah itu sudah saya hitung- hitung bakal untung berapa, tapi ternyata malah buntung, apes deh,” papar Juwarno.

Jangan Biarkan Ayam Stres
Sedikit berkelakar, masalah utama stres sebenarnya karena manusia tidak bisa mengetahui isi hati dan perasaan ayam, begitu juga sebaliknya. Namun peternak dapat mempelajari tingkah laku dan kebiasaan hidup ternak, baik dari buku, sharing dengan sesama peternak dan dokter hewan (TS), bahkan di media online pun dengan mudahnya dapat belajar cara beternak yang baik. Masalahnya, adalah pada niat, apakah dalam beternak hanya sekedar beternak atau memang beternak merupakan passion? Mungkin beberapa… (Selengkapnya baca di Majalah Infovet edisi Mei 2020) (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer