Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PROBIOTIK ASLI INDONESIA AMPUH GANTIKAN AGP | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PROBIOTIK ASLI INDONESIA AMPUH GANTIKAN AGP

Ilustrasi. (Istimewa)

Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang biasa berupa Bakteri Asam Laktat (BAL) yang dapat memberikan manfaat kesehatan pada inangnya. Umumnya pemberian probiotik dapat memperbaiki keseimbangan atau memulihkan flora usus. Pada unggas, probiotik bakteri asam laktat ternyata efektif untuk dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti Antibiotic Growth Promoter (AGP).

Sejak awal 2018 lalu, pemerintah telah secara resmi memberlakukan pelarangan penggunaan pakan yang dicampur hormon tertentu dan/atau antibiotik imbuhan pakan (AGP). Penggunaan alternatif pengganti AGP pun marak, mulai dari herbal, minyak esensial, asam organik, probiotik, prebiotik, maupun enzim. 

Kali ini pembahasan di fokuskan pada pemberian probiotik, yakni BAL yang diperoleh dari saluran pencernaan ayam kampung asli Indonesia yang sudah dewasa dan memiliki kesehatan yang baik. BAL diambil dari ayam yang dipelihara dengan sistem diumbar, serta pemberian pakan dan air minumnya tidak pernah terpapar antibiotik maupun bahan kimia, juga berbagai obat untuk ayam.

Guru Besar Laboratorium Ilmu Ternak Unggas, Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (Fapet UGM) Yogyakarta, Prof Dr Ir Sri Harimurti, mengatakan, dari 100 lebih strain bakteri asam laktat yang ditemukan, terdapat tiga bakteri yang paling unggul digunakan sebagai probiotik pada unggas, yaitu Lactobacillus murinus-Ar3, Streptococcus thermophilus-Kp2 dan Pediococcus acidilactici-Kd6.

Ia telah meneliti ketiga strain bakteri tersebut secara mendalam selama lebih dari 10 tahun, baik sebagai kultur tunggal maupun sebagai kultur campuran.

Bakteri asam laktat tersebut terbukti mampu melekat (adherence) pada sel epitel usus ayam dan ketika diberikan dalam jumlah memadai yakni 107-109 CFU/ekor/hari, akan sangat bermanfaat terhadap respon imum ayam.

“Probiotik BAL asli Indonesia tersebut diisolasi dari saluran pencernaan ayam kampung asli Indonesia, yakni ayam Blorok, ayam Kapas dan ayam Cemani/Kedu Hitam,” kata Sri dalam sebuah seminar tentang peran peternakan dalam menghasilkan produk pangan yang sehat di Kampus Fapet UGM Yogyakarta, Senin (7/1). 

Ketiga bakteri asam laktat tersebut, lanjut dia, memiliki sejumlah keunggulan, antara lain dapat meningkatkan produktivitas unggas, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan imunitas dan memiliki karakterisitik ideal dan unggul sebagai probiotik BAL untuk unggas.

“Mikroen kapsulan probiotik ini kini sudah diproduksi berbasis standar kepentingan industri. Produktivitas dan stabilitasnya pun masih dapat ditingkatkan,” tukasnya. (IN)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer