Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Demo Peternak Blitar Tuntut Mentan Hal Ini | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Demo Peternak Blitar Tuntut Mentan Hal Ini

Tuntutan peternak salah satunya agar Presiden Jokowi mengganti Menteri Pertanian (Foto: Istimewa)


Hari ini, Senin (15/10/2018) Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) menggelar aksi demonstrasi di Pendopo Pemerintah Kabupaten Blitar, Kanigoro. Tuntutan peternak diantaranya agar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman turun dari jabatannya dan protes mereka terkait harga jagung yang mahal.

Aksi demo yang diikuti peternak layer Blitar raya ini mempertanyakan mengapa Mentan menyatakan stok jagung melimpah, namun pada kenyataannya peternak kesultan memperoleh jagung untuk pakan dan bahkan harganya selangit.

Peternak meneriakkan perihal jagung yang diekspor ke Filipina dan Malaysia, padahal peternak rakyat amat membutuhkan. PPRN menuntut pemerintah menyediakan jagung yang cukup dengan harga yang wajar sesuai aturan Kemendag yaitu Rp 3.150  di tingkat petani dan Rp 4.000 di tingkat peternak.

Sukarman selaku Ketua PPRN mengkritisi Kementerian Pertanian yang selalu berujar jika produksi jagung sudah swasembada, sehingga tidak memerlukan lagi impor.



“Fakta di lapangan, jagung ternyata sebagian besar  diserap perusahaan feed mill lewat pedagang saat panen di sentra-sentra produksi sehingga peternak kesulitan memperoleh jagung dengan harga yang wajar,” ungkapnya.

PPRN juga mendesak pemerintah untuk menstabilkan harga telur di tengah melambungnya harga bahan pakan ternak yang menembus Rp5.300/kg itu.

Harga telur terus anjlok, menurut Sukarman. Sumber yang dirangkum dari surabaya.bisnis.com, data pada Selasa (9/10/2018), harga telur ayam menembus Rp16.000-Rp16.300/kg, jauh bila dibandingkan harga acuan yang baru yakni Rp18.000-Rp20.000/kg di tingkat peternak.

Jika permasalahan harga telur dan pasokan jagung tidak segera diatasi pemerintah, peternak Blitar berencana melakukan demo ke Jakarta. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer