-->

Sehat Cerah Indonesia

Sehat Cerah Indonesia

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

Farmsco

Farmsco

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI JULI 2020

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno


Wakil Pemimpin Umum/Pemimpin Usaha
Ir. Darmanung Siswantoro


Redaktur Pelaksana
Ridwan Bayu Seto


Koordinator Peliputan
Nunung Dwi Verawati


Redaksi:
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor:
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Deddy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.

Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Farur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi:
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi
Nur Aidah,


Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar

Pemasaran

Septiyan NE


Alamat Redaksi
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi: majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran: marketing.infovet@gmail.com

Rekening:
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I. No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke: majalah.infovet@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Pengikut

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

MENDAMBAKAN SDM UNGGUL DI INDUSTRI PERUNGGASAN MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

On Juli 06, 2020

Dibutuhkan SDM peternakan yang brilian, mumpuni, berkarakter dan berdaya saing dalam membela perunggasan dalam negeri demi memenangkan persaingan global. (Foto: Dok. Infovet)

Dalam industri perunggasan yang meliputi produksi, pakan, pemasaran, serta jasa dan sarana produksi ternak, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang tinggi merupakan peluang emas bagi para lulusan perguruan tinggi peternakan. Namun, dalam pasar bebas global seperti saat ini, hal itu dapat mengubah peluang tersebut menjadi ancaman jika tidak menyiapkan diri, dalam arti SDM lokal hanya akan menjadi penonton di bangsanya sendiri.

Indonesia yang oleh banyak pihak diperkirakan bakal memanen puncak bonus demografi pada kurun waktu 2028-2035, berupa lebih dari 65 juta tenaga kerja muda produktif dalam rentang umur 15-29 tahun. Indonesia juga sangat jelas memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di era pasar tunggal ASEAN karena jumlah penduduk Indonesia mencapai 40% dari total keseluruhan penduduk ASEAN, terlebih lagi jumlah usia produktif Indonesia akan mencapai 64% pada 2020.

Bonus demografi berupa angka tenaga kerja produktif di usia muda harus dikelola dengan baik, agar benar-benar teralisasi sebagai sebuah bonus demografi, bukan malah menjadi beban berupa angka pengangguran yang tinggi.

Indonesia Livestock Club (ILC) #Edisi03 mengangkat topik bahasan itu dengan pada Sabtu (4/7/2020), melalui sebuah aplikasi daring. ILC diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Peternakan Indonesia (BPPI) bekerjasama dengan Indonesia Livestock Alliance (ILA), Forum Pimpinan Pendidikan Tinggi Peternakan Indonesia (FPPTPI) dan Majalah Poultry Indonesia.

Narasumber yang hadir dalam diskusi rutin ini yakni, Prof Suyadi (Sekjen FPPTPI), Prof Ali Agus (Dekan Fapet UGM) dan Syafri Afriansyah (Business Unit Human Capital (BUHC) Head for Poultry Business PT Charoen Pokphand Indonesia).

Prof Suyadi mengatakan, pengembangan pembelajaran atau (kurikulum) periode 2018 - 2020 yang menekankan agar capaian pembelajaran dapat dipenuhi dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya, maupun akademik.

“Pembelajaran juga perlu untuk adaptif terhadap revolusi industri 4.0, penguatan muatan IT pada pembelajaran, memasuki era entrepreneurship dan sistem industri, muatan livestock engineering dan kesejahteraan ternak dalam setiap pembelajaran,” katanya. 

Di bidang perunggasan Indonesia, tantangan SDM dalam kancah perdagangan global semakin kompleks di era milenial dan digital ini, sehingga dibutuhkan SDM yang brilian, mumpuni, berkarakter dan berdaya saing tinggi dalam membela perunggasan dalam negeri demi memenangkan persaingan perunggasan global.

“Dan hal yang tidak boleh dilupakan adalah pembangunan SDM dari sisi budi daya peternakan ayam, agar tercapai efektivitas dalam budi daya sehingga menghasilkan produk unggas yang efisien dan berdaya saing,” ucapnya.

Dalam hal efisiensi budi daya, negara tropis seperti Indonesia dengan kelembapan dan temperatur tinggi sering menyebabkan ayam stres, sehingga produktivitas menjadi rendah. Adanya teknologi seperti closed house dapat membuat lingkungan bisa disesuaikan dengan kebutuhan ternak sehingga produktivitas ternak lebih baik. SDM perunggasan harus memahami dan menguasai teknologi budi daya unggas seperti itu.

Bonus demografi akan menjadi berkah jika semua pihak secara strategis dapat menyiapkan pembekalan pada generasi muda milenial tersebut. Pembekalan pendidikan, keterampilan dan tata krama yang berkualitas baik, merata dan terjangkau oleh para generasi muda, akan menghasilkan SDM perunggasan Indonesia yang terampil, kompeten, berkualitas dan mampu memanfaatkan peluang di depan mata dengan baik. 

Menciptakan SDM Indonesia yang unggul dan memiliki daya di tingkat regional, bahkan global, sangat dibutuhkan adanya pendidikan yang berkualitas. Sinergi antara para pemangku kepentingan akan sangat kondusif untuk tercapainya SDM unggul tersebut. Pencapaian SDM unggul tersebut tentunya melibatkan masyarakat, perusahaan, industri swasta dan Badan Usaha Milik Negara, serta pemerintah pusat dan daerah.

“Hal dimaksudkan untuk membuka peluang jangkauan yang lebih luas dengan hasil yang lebih optimal agar SDM Indonesia dapat memenangi persaingan di kancah internasional,” pungkasnya. (IN)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer