Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini 100 PETERNAK AYAM KPUN UNJUK RASA BESOK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

100 PETERNAK AYAM KPUN UNJUK RASA BESOK

Demo peternak ayam di Jawa Timur, Oktober 2022 lalu. (Foto: Istimewa)

Selasa, (13/12/2022) sebanyak 100 peternak ayam yang tergabung dalam Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) berencana menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta. Ketua KPUN, Alvino Antonio kepada redaksi Infovet, Senin (12/12/2022) mengemukakan kegiatan ini dilakukan demi upaya memperbaiki tata niaga ayam ras pedaging.

Alvino Antonio

"Saat ini harga sarana pokok produksi sangat tinggi, bahkan tidak sesuai dengan harga harga jual ayam hidup itu sendiri," kata Alvino. 

Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN)

Ada 10 tuntutan yang akan disampaikan peternak. Salah satunya mendesak Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, sekaligus Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian segera dicopot. 

Peternak juga menuntut pemerintah mencabut izin integrator yang tidak taat kepada peraturan Bapanas Nomor 5 Tahun 2022 mengenai harga acuan ayam hidup. 

Dalam tuntutannya, peternak juga meminta perusahaan integrasi tidak menjual ayam hidupnya ke pasar becek dan berharap pemerintah bergerak aktif untuk memonitoring sebagai langkah pasti untuk menurunkan harga pakan ternak.

Para peternak mandiri ini juga menuntut lembaga Ombudsman RI dibubarkan, karena dinilai tidak bisa menindak pejabat negara yang tidak kompeten menjalankan undang-undang.

Sementara Harry Widyantoro selaku Koordinator Lapangan menyebutkan para peternak melakukan serangkaian aksi unjuk rasa di depan kantor Kementerian Perdagangan, Kemenkoekuin, Komisi Pengawas Persaingan Usaha, dan Ombudsman RI. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer