Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini ADA MAGGOT DI ILDEX 2022 | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

ADA MAGGOT DI ILDEX 2022

Larva BSF, alternatif sumber protein hewani pada pakan ternak
(Dokumentasi : Ridwan)


Protein merupakan zat yang dibutuhkan baik pada manusia maupun ternak untuk menunjang pertumbuhan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh oleh industri peternakan terutama perunggasan yakni tingginya harga bahan baku pakan sumber protein baik nabati maupun hewani.

Maggot atau larva lalat dari jenis Black Soldier Fly (BSF) merupakan salah satu bahan pakan alternatif sumber protein yang mulai banyak dilirik oleh industri pakan ternak. Seperti yang diutatakan oleh Amalia Nan Rejana Bussines Associate PT Magalarva Sayana Indonesia saat ditemui di ILDEX 2022 Jumat (12/11) lalu.

Sejatinya perusahaan yang berdiri sejak tahun 2017 tersebut dibentuk atas dasar keresahan akibat membludaknya sampah organik. Dimana sampah organik tersebut sebetulnya dapat dimanfaatkan sebagai pakan organisme lain, yakni larva BSF. 

"Kita sudah mulai produksi tahun 2018 sampai sekarang tahun ini, kita jual dari mulai larva hidup, larva kering, tepung larva, dan fertilizer sampai kita ekstrak minyak larva," kata dia.

Wanita yang akrab dipanggil Aren tersebut juga menyatakan bahwa sampai saat ini sudah ada 3-4 customer yang menggunakan produknya dalam skala yang cukup besar. Bahkan mereka sendiri masih belum bisa memenuhi permintaan dari customer besarnya tersebut.

"Untuk customer besar ini kita masih belum bisa provide mereka sepenuhnya karena produksi kita juga terbatas. Jadi ya kita memang lebih banyak distribusi ke end customer (penghobi ikan dan burung). Mungkin nanti kita akan menaikkan scale usaha kita agar lebih bisa memenuhi permintaan mereka," tutur Aren.

Selain itu Magalarva juga membuka semacam kemitraan kepada siapa saja yang ingin punya usaha di bidang maggot. Sistemnya mirip dengan kemitraan pada perunggasan dimana calon mitra disediakan bibit, dan sarana lain dan nanti dikemudian hari larva yang dipanen dapat dijual kembali kepada Magalarva. 

"Bentuk lainnya enggak cuma itu aja, ada juga yang beli putus. Misalnya mereka sudah beli larva dan alatnya dari kita, terus kita bimbing mereka beternak maggot, nah nanti pas panen mereka mau jual langsung ke pembeli lain juga boleh, jadi kita ngebebasin aja mereka mau pakai sistem yang mana," tutupnya. (CR) 

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer