-->

CEVA ANIMAL HEALTH

CEVA ANIMAL HEALTH

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

SIDO AGUNG FEED

SIDO AGUNG FEED

INFOVET EDISI SEPTEMBER 2022

INFOVET EDISI SEPTEMBER 2022

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno


Wakil Pemimpin Umum

Drh. Rakhmat Nurijanto, MM


Wakil Pemimpin Redaksi/Pemimpin Usaha
Ir. Darmanung Siswantoro


Redaktur Pelaksana
Ridwan Bayu Seto


Koordinator Peliputan
Nunung Dwi Verawati


Redaksi:
Wawan Kurniawan, SPt

Drh. Cholillurrahman (Jabodetabek)

Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto,MS (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Dr. Sadarman S.Pt, MSi (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor:
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Deddy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.


Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Fachrur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi:
M. Sofyan

Yayah Muhaeni

Administrasi
Nur Aidah


Keuangan:
Efrida Uli
Monita Susilawati


Pemasaran

Septiyan NE


Alamat Redaksi
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi: majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran: marketing.infovet@gmail.com

Rekening:
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I. No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke:infovet02@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Pengikut

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

IVAN ALEX SANJAYA, NAHKODAI PERUSAHAAN LEWATI BERBAGAI RINTANGAN

On Agustus 22, 2022

Ivan Alex Sanjaya

Saat teman-teman di masa perkuliahannya banyak yang berkecimpung di bidang fotografi maupun production house, Ivan yang seorang sarjana multimedia justru memilih terjun ke dalam bisnis peternakan. Ketekunan pemilik nama lengkap Ivan Alex Sanjaya ini berbuah hasil mendirikan PT Cahaya Sakti Kimia.

Proses yang cukup berliku pernah dilalui pria asal Kediri ini. Setelah memperoleh gelar sarjana komputer pada 2008, Ivan sempat menekuni dunia saham.

Memasuki 2010, Ivan mengembangkan bisnis pet food di Jakarta hingga meluas ke beberapa wilayah di Jawa. Takdir mempertemukan Ivan dengan dokter hewan sekaligus Vice President PT Indovetraco Makmur Abadi yang kini menjadi mertuanya.

“Pada 2012, ayah mertua memperkenalkan saya dengan salah satu perusahaan dari China yaitu Mintai. Kondisi bisnis pet food pada tahun itu terbilang kurang bagus, karena kebanyakan produk pet food yang notabene impor sudah banyak juga bermunculan produk sejenis yang diproduksi dalam negeri,” kenang ayah satu putra ini.

Momen tersebut digunakan Ivan untuk gencar mempromosikan produk Mintai berupa feed additive ke Indonesia. “Waktu itu saya juga masih melanjutkan bisnis impor produk pet food,” tambahnya.

Berdasarkan peluang yang kian terbuka lebar, Ivan menekuni bidang livestock dengan menjual berbagai produk dari Mintai, khususnya feed additive. Juga produk lain seperti obat dan vitamin.

Ivan menjelaskan bahwa keterlibatannya dengan Mintai tidak ada format yang berbeda, namun mengemasnya dengan cara yang lebih baru. “Saat saya mulai aktif menjual produk dari Mintai, masih mengikuti format dari Mintai dan tidak ada yang berbeda, hanya saja konsep yang saya bawa lebih segar sehingga produk Mintai dapat diterima dengan baik di Indonesia,” jelasnya.

Terhitung sampai akhir 2018, Ivan tidak saja menjual produk dari Mintai melainkan menjual produk lain yang berasal dari China. Berjalannya waktu dengan mengamati peluang yang semakin luas, pasar yang dia bangun semakin kuat dan banyak peternak yang membeli produk tersebut.

Melihat produknya semakin dikenal, Ivan kemudian melakukan format baru pada 2019, yang akhirnya mendirikan PT Cahaya Sakti Kimia dengan Mintai menjadi principle-nya. “Saya bukan lagi menjualkan produk Mintai, tetapi saya membeli produk Mintai,” ungkapnya.

Cepat dan Progresif
PT Cahaya Sakti Kimia didirikan Ivan pada 2019, bekerja sama dengan lebih banyak suplier. Selain Mintai, PT Cahaya Sakti Kimia mendistribusikan produk dari Spanyol seperti ITPSA dan produk asam amino dari Korea.

Seiring berjalannya waktu, Ivan sebagai Komisaris Utama PT Cahaya Sakti Kimia mengajak partner development berpengalaman untuk membangun manajemen perusahaan. Sebagai leader, dia menyadari dalam mengambangkan perusahaan dibutuhkan tim yang sudah berpengalaman agar pergerakannya lebih cepat dan progresif.

“Kalau saya mau jalan cepat bisa dengan jalan sendiri, tetapi kalau saya mau jalan lebih jauh maka harus bersama orang-orang yang berpengalaman,” tegasnya. Prinsip yang diyakini Ivan dalam mengembangkan bisnisnya tersebut merupakan strategi awal yang diterapkan untuk mengembangkan PT Cahaya Sakti Kimia.

Lewati Rintangan
Kendati PT Cahaya Sakti Kimia berusia masih muda, di masa pandemi COVID-19 menerpa dunia bisnis, Ivan menyatakan perusahaan yang dia rintis mampu melewati rintangan.

“Kami baru berjalan setahun kemudian harus berhadapan dengan situasi pandemi, tetapi dari PT Cahaya Sakti Kimia menggunakan kacamata yang lain. Bisnis kami harus fairnesss dan accountable, baik di dalam maupun di luar, sehingga kami tetap memberikan kenyamanan serta pengalaman yang menyenangkan untuk pelanggan,” ungkapnya.

Ivan juga menerapkan iklim yang nyaman bagi seluruh karyawannya, karena kenyamanan bekerja dapat menentukan tingkat semangat karyawan itu sendiri. Menurut Ivan, lingkungan suportif merupakan hal yang penting untuk menguatkan pondasi perusahaan.

“Kami berbeda dengan principle company yang menjual produk yang memang sudah ada, sedangkan kami menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh customer. Ibaratnya seperti supermarket, jadi produk apa yang customer butuhkan kami bisa adakan barangnya,” terangnya.

Artinya apa yang akan customer butuhkan dan ada dibeli, produk itu akan disiapkan serta dijual PT Cahaya Sakti Kimia. Semua produk yang didistribusikan olehnya, terdapat segmen pasar masing-masing. Hal inilah yang membuat PT Cahaya Sakti Kimia tetap menunjukkan growth positif walaupun di saat pandemi.

Suka Otomotif dan Hewan
Di sela kesibukannya mengembangkan perusahaan, pria kelahiran 16 November 1986 ini memiliki ketertarikan di dunia otomotif, terutama motor. Maka tak heran kalau saat ini Ivan sudah mengoleksi tujuh sepeda motor.

Ivan juga memiliki hewan peliharaan kesayangan kura-kura dan ikan. Katanya, “Anak saya itu suka memelihara hewan di rumah, karena darah kakeknya yang seorang dokter hewan, jadi menurun ke anak saya. Ya saya jadi ikutan anak juga akhirnya, saking banyaknya jenis hewan peliharaan akhirnya saya pindahkan ke gudang.” (NDV)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer