-->

CEVA ANIMAL HEALTH

CEVA ANIMAL HEALTH

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

SIDO AGUNG FEED

SIDO AGUNG FEED

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

INFOVET EDISI MEI 2022

INFOVET EDISI MEI 2022

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno


Wakil Pemimpin Umum

Drh. Rakhmat Nurijanto, MM


Wakil Pemimpin Redaksi/Pemimpin Usaha
Ir. Darmanung Siswantoro


Redaktur Pelaksana
Ridwan Bayu Seto


Koordinator Peliputan
Nunung Dwi Verawati


Redaksi:
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor:
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Deddy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.


Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Fachrur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi:
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi
Nur Aidah


Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar


Pemasaran

Septiyan NE


Alamat Redaksi
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi: majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran: marketing.infovet@gmail.com

Rekening:
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I. No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke:infovet02@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Pengikut

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

BIOPLUS® YC, MENJADIKAN PERFORMA BABI LEBIH OPTIMAL

On April 11, 2022


Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang apabila diberikan dalam jumlah memadai memberikan manfaat kesehatan pada host. Head of Technical Service APAC, Chr Hansen, Jean Christophe Bodin, pada Launch of BioPlus® YC via daring, Selasa (29/3), yang diselenggarakan oleh Chr Hansen dan PT Emvi Indonesia selaku distributor BioPlus® YC, menjelaskan bahwa ada 3 bakteri yang paling penting dalam keluarga besar probiotik.

Pertama, bakteri asam laktat yang cukup dikenal pada industri makanan, adalah bakteri gram positif yang merupakan microbiota pada usus normal. Tidak tahan terhadap panas, kelembaban, antibiotik dan kadang terhadap oksigen.

Kedua, adalah ragi (yeast), jamur uniseluler yang hampir 20-300 kali ukuran bakteri, dikenal dalam dunia peternakan. Mempunyai beta-glukan yang mampu merangsang status kekebalan hewan namun kebanyakan tidak tahan terhadap panas.

Ketiga, adalah Bacillus spp terutama ditemukan di tanah atau sedimen laut. Adalah bakteri pembentuk spora yang mampu bertahan melewati berbagai proses dalam pembuatan pakan. Mempunyai kemampuan bertunas untuk berkembang biak di usus dan menempel, serta membuat koloni mikro pada epitel usus. Tahan terhadap panas dan perlakuan mekanis atau kimia, dan dapat bersinergi dengan koksidiostat atau antibiotik.

BioPlus® YC adalah probiotik yang dikembangkan khusus untuk peternakan babi. Probiotik dengan dua strain yaitu Bacillus Licheniformis yang diisolasi dari tanah dan Bacillus Subtilis yang diisolasi dari tumbukan kacang kedelai,” kata Jean Christophe Bodin.

Jean Christophe Bodin

Bacillus spp terbukti mampu membentuk biofilm pelindung pada permukaan usus, yang memungkinkan untuk memproduksi dan melepaskan beberapa enzim di saluran pencernaan. Dan juga beberapa senyawa tambahan yang akan membantu meningkatkan kecernaan bagian pakan yang tidak dapat dicerna.

Selain itu juga memiliki kemampuan memproduksi lipopeptida atau bakteriosin, yang memiliki kemampuan secara langsung menghasilkan lingkungan mikro untuk menghambat beberapa bakteri patogen.

Semua Bacillus dapat berkolonisasi secara mikro pada saluran usus, dan mampu menghasilkan enzim untuk membantu penyerapan nutrisi.

Jenis enzim yang dihasilkan Bacillus bergantung pada jenis substrat dan jenis bahan pakan. Bacillus juga akan melepaskan nutrisi tambahan dan meningkatkan kecernaan pakan.

Kesehatan hewan akan lebih baik karena residu nutrisi di saluran pencernaan lebih sedikit. Residu nutrisi tersebut digunakan bakteri patogen untuk tumbuh dan menginfeksi saluran pencernaan.

BioPlus® YC, solusi probiotik yang didedikasikan untuk peternakan babi.

“Dalam satu trial yang kami buat ketika kita menambahkan pakan dengan BioPlus® YC pada sekelompok induk, terlihat bahwa selama laktasi induk babi yang menerima BioPlus® YC menunjukkan asupan pakan lebih tinggi per hari, yang mungkin disebabkan oleh proses farrowing yang lebih lancar,” jelas Jean. “Artinya berkat suplementasi BioPlus® YC induk babi mampu mempertahankan berat badan dan status kesehatannya dengan lebih baik.”

Uji coba menunjukkan hasil induk babi memiliki hari non-produktif lebih sedikit, penurunan angka kematian saat prasapih dan penambahan 1 anak babi yang disapih per induk per tahun. Pada fase nursery juga terbukti adanya peningkatan pertumbuhan dengan perolehan rata-rata harian yang meningkat dan efisiensi pakan lebih baik.

Pada fase grower dan finisher, BioPlus® YC dapat diterapkan dengan dua cara. Cara pertama adalah on top. Yaitu menambahkan BioPlus® YC pada pakan tanpa perubahan formulasi untuk meningkatkan pertumbuhan. Cara kedua adalah reformulasi pakan yang fleksibel. Baik on top maupun reformulasi pakan, mampu meningkatkan performa babi.

Uji coba juga menunjukkan berkurangnya angka kematian sehingga didapatkan lebih banyak anak babi yang disapih, juga menurunnya prevalensi diare. Penggunaan pakan menjadi lebih baik dengan penurunan 3% dalam penggunaan pakan per kilo kenaikan berat badan. Pada akhir produksi mampu meningkatkan berat badan sebesar 3%.

Dalam kondisi tertentu pada peternakan babi seringkali menerapkan pengobatan dengan menambahkan antibiotik pada pakan. BioPlus® YC tidak ada masalah ketika diberikan bersamaan dengan obat, tetap memberikan nilai tambah pada pertumbuhan dan FCR (feed conversion ratio). Artinya ada semacam sinergi yang dicapai ketika pengobatan dan BioPlus® YC diberikan bersama-sama. (ADV)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer