-->

CEVA ANIMAL HEALTH

CEVA ANIMAL HEALTH

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

SIDO AGUNG FEED

SIDO AGUNG FEED

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

INFOVET EDISI JUNI 2022

INFOVET EDISI JUNI 2022

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno


Wakil Pemimpin Umum

Drh. Rakhmat Nurijanto, MM


Wakil Pemimpin Redaksi/Pemimpin Usaha
Ir. Darmanung Siswantoro


Redaktur Pelaksana
Ridwan Bayu Seto


Koordinator Peliputan
Nunung Dwi Verawati


Redaksi:
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor:
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Deddy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.


Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Fachrur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi:
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi
Nur Aidah


Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar


Pemasaran

Septiyan NE


Alamat Redaksi
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi: majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran: marketing.infovet@gmail.com

Rekening:
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I. No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke:infovet02@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Pengikut

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

AVIAGEN LUNCURKAN LITERATUR TEKNIS BERBAHASA INDONESIA

On Januari 04, 2022

Webinar peluncuran literatur teknis berbahasa Indonesia dari Aviagen. (Foto-foto: Infovet/CR)

Rabu (15/12/2021), Aviagen menggelar peluncuran literatur teknis berbahasa Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Hadirnya literasi teknis berbahasa Indonesia tersebut diharapkan dapat memudahkan para customer/user dari Aviagen, hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Bisnis Aviagen Asia-Pasifik, Rafael Monleon. Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara penting di kawasan Asia yang banyak memiliki potensi, namun belum dapat memaksimalkan potensi tersebut.

“Kami sudah banyak menerjemahkan literatur dan guideline kami ke berbagai bahasa, lalu kami sadar bahwa Indonesia memiliki bahasa tersendiri dan kami rasa kami butuh untuk menerjemahkan yang kami miliki ke dalam bahasa Indonesia. Semoga ini dapat membantu para user kami di Indonesia,” tutur Rafael.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Gabungan Pelaku Pembibitan Unggas (GPPU), Achmad Dawami, turut mengatakan bahwasanya ini merupakan suatu inisatif yang baik dari Aviagen kepada para stakeholder di Indonesia. Pasalnya, menurut Dawami strain ayam milik Aviagen merupakan salah satu strain yang dominan digunakan dalam budi daya komersil maupun indukan (Parent Stock, Grand Parent Stock).

“Ini tentu akan mempermudah kita para user, semua guideline, literatur ilmiah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan teknis yang tersedia dalam bahasa Indonesia jelas sangat berguna dan praktis. Mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” tutur Dawami.

(Dari kiri): Rafael Monleon dan Achmad Dawami.

Literatur Teknis Berbahasa Indonesia
Penjelasan lebih lanjut mengenai literatur yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia disampaikan oleh Manajer Transfer Teknis Global Aviagen, Dr Ting Lu. Dalam presentasinya ia menjelaskan maksud dan tujuan Aviagen melakukan translasi bahasa berbagai literatur tersebut, dokumen apa saja yang sudah beralih bahasa, bagaimana cara mendapatkan dokumen tersebut, serta menjelaskan mengenai aplikasi Aviagen.

“Untuk mendapatkannya pengguna bisa langsung mengakses laman website kami, kemudian setelah masuk dalam landing page silakan pilih wilayah dan bahasa, di situ sudah tersedia berbagai artikel dalam bahasa Indonesia,” jelas Ting Lu.

Infovet sendiri mencoba mengakses laman website Aviagen tersebut, di dalamnya terdapat berbagai macam literatur dan artikel teknis berbahasa Indonesia dengan berbagai macam tema, mulai tips dan trik beternak, manajemen pakan, hingga manajemen pengendalian penyakit. Semuanya dapat diakses melalui https://ap.aviagen.com/language-mini-site/show/id.

(Dari kiri): Ting Lu, Mike Block dan Greg Hitt.

Berbagi Tips & Trik Meningkatkan Feed Intake
Selanjutnya sesi dilanjutkan dengan presentasi teknis terkait cara memperbaiki asupan pakan pada broiler yang dibawakan Manajer Layanan Teknis Aviagen, Mike Block. Dalam presentasinya, Mike menjelaskan mengenai bagaimana mendorong agar ayam banyak memperoleh asupan pakan.

Dijelaskan, meningkatkan asupan pakan merupakan kunci keberhasilan dalam memaksimalkan potensi genetik yang dimiliki ayam. Masalahnya, terdapat berbagai faktor yang dapat menentukan keberhasilan dalam meningkatkan asupan pakan tersebut, seperti ventilasi udara, pencahayaan, suhu, kelembapan, kualitas air, fase brooding, jenis dan kualitas pakan, serta tantangan penyakit.

“Di masa kini perkembangan genetik broiler sudah sangat maju berbeda dengan puluhan tahun lalu, apalagi kami Aviagen sangat concern dengan perbaikan genetik ini. Untuk itu dalam memaksimalkan potensi genetik, ayam harus makan. Selain pakan yang berkualitas, asupan pakan dan nutrisinya harus mencukupi,” jelas Mike.

Lebih lanjut dikatakan, salah satu kunci keberhasilan dalam meningkatkan asupan pakan yakni bagaimana membuat ayam nyaman dengan lingkungannya. Oleh karenanya dibutuhkan pengaturan di dalam kandang yang tepat agar memenuhi standar kenyamanan ayam, dimana ayam bisa makan dan hidup dengan tenang. Dengan begitu ayam mau makan dan potensi genetiknya termaksimalkan.

“Terutama pada saat brooding, anak ayam tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri, oleh karena itu fase ini sangat penting. Kalau kita gagal memanfaatkan kesempatan di fase ini, maka ke depannya akan sulit mengejar target performa bobot standar broiler, maka dari itu setting lingkungan kandang sebaik mungkin agar fase brooding berjalan mulus,” ucap Mike.

Ia juga bilang bahwasanya peternak harus memperhatikan setiap detail kecil di kandang dengan melakukan monitoring berkala. Karena menurutnya kerap kali hal tersebut luput dilakukan sehingga performa menjadi sedikit kendor.

Diakhir sesi webinar Mike dan Dr Ting Lu pun menjawab berbagai pertanyaan yang masuk kepada mereka mengenai aspek teknis maupun non-teknis. Sesi tersebut berjalan sangat interaktif dan pertanyaan yang masuk dijawab dengan memuaskan. (ADV/CR)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer