Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini BEBERAPA CELAH MASUKNYA PENYAKIT BAKTERIAL | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

BEBERAPA CELAH MASUKNYA PENYAKIT BAKTERIAL

Menjaga kesehatan sumber air, udara, litter dan lingkungan farm mampu menjaga ayam dari serangan penyakit bakterial. (Foto: Freepik.com/Istimewa)

Potensi genetik ayam ras baik itu pedaging/broiler maupun petelur/layer, sudah demikian mengalami lompatan yang luar biasa, dimana pada saat ini untuk usia 35 hari saja ayam pedaging bisa mencapai bobot badan 2 kg lebih, sedangkan untuk ayam petelur dalam satu periode peneluran usia sampai 90 minggu bisa mencapai 400 butir telur per ekornya bahkan lebih. Sistem perkandangan masa kini sangat berbeda, dimana peternak ayam pedaging maupun petelur sudah mulai mengenal dan menerapkan kandang tertutup (closed house), yang memungkinkan terjadinya peningkatan performance seperti yang diharapkan. Tetapi kenapa sampai saat ini masih kerap terjadi kasus-kasus yang menimpa ayam terinfeksi penyakit bakterial?

Memang secara perkembangan teknologi, baik potensi genetik maupun teknik pemeliharaan mengikuti gaya terkini, tetapi banyak para pembudi daya ayam yang tidak benar-benar sepenuhnya mengikuti tata kelola atau manajemen yang seharusnya dilakukan, sehingga celah-celah yang ada untuk dimasuki atau diinfiltrasi bakteri penyebab penyakit masih terbuka lebar. Sayangnya hal tersebut terlepas dari perhatian peternak dan baru sadar ketika kasus sudah terjadi.

Beberapa celah di bawah ini merupakan jalan bagi serangan penyakit bakteri yang dapat menginfeksi ayam:

1. Sumber Air Minum
Seperti diketahui bahwa syarat air minum yang baik adalah selalu tersedia, bersih, tidak berwarna, tidak berbau, segar dan sehat. Sumber air minum di peternakan umumnya berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan kandang, hal ini tidak akan menjadi masalah apabila para peternak paham dengan syarat yang baik untuk air minum ayam. Akan tetapi justru pada kenyataannya pengelola tidak banyak yang paham, padahal infeksi bakterial yang menyerang ayam paling banyak melalui media air. Sehingga infeksi bakteri kerap terjadi, apalagi pada peternakan yang tidak mengalami pengelolaan sumber air minum (tidak adanya water treatment), walaupun ada yang melakukan tetapi asal saja, dengan kata lain tidak tepat baik dosis maupun aplikasinya. Padahal, jika sumber air minum itu telah menghasilkan air yang selalu tersedia, bersih, tidak berwarna, tidak berbau dan segar, maka untuk menyehatkannya sangat mudah sekali, tinggal berikan… Selengkapnya baca di Majalah Infovet eds Mei 2021. (AHD-MAS)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer