Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENGENDALIAN LALAT DI KANDANG AYAM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENGENDALIAN LALAT DI KANDANG AYAM

Pengendalian lalat di kandang ayam

Banyaknya lalat bisa sangat menganggu ayam dan menyebabkan ayam menjadi gelisah. Ayam bisa menjadi stres dan membuat nafsu makan mereka turun. Anak kandang tentunya juga tidak nyaman bekerja di antara lalat yang begitu banyak.

Lalat juga mendatangkan bahaya karena merupakan vektor (pembawa dan penyebar) dari banyak penyakit. Selain itu jika jumlahnya sangat banyak juga berpotensi menimbulkan konflik dengan warga yang tinggal di sekitar kandang.

Lalat tertarik datang ke kandang karena bau dari limbah buangan kandang. Contohnya pakan yang tercecer dan kotoran ayam. Apalagi jika limbah itu menumpuk banyak, akan semakin menarik datangnya lebih banyak lalat.

Jika lalat sudah datang di kandang, dia bisa berkembang biak di lingkungan kandang. Lalat berbiak di tempat yang kotor dan lembab, serta hidup dari limbah organik buangan kandang.

Lalat biasanya paling banyak di musim penghujan. Karena curah hujan yang tinggi menyebabkan kelembaban meningkat sehingga jumlah lalat juga semakin banyak.

Untuk penanganannya bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

Buang kotoran (limbah) setiap hari kalau perlu, sehingga kebersihan lebih terjaga, bau yang menarik lalat dan limbah yang menjadi sumber hidup lalat terminimalisir.

Perhatikan dan perbaiki temperatur dan ventilasi, karena lalat suka dengan lingkungan yang hangat dan lembab.

Periksa berkala apakah ada kebocoran air di kandang, terutama di musim penghujan. Jika ada kebocoran langsung perbaiki.

Terutama di musim penghujan, periksa dan perbaiki drainase (pembuangan air) untuk menghindari terjadinya genangan, becek/lembab. Jika hujan, air harus dengan cepat mengalir keluar dari lingkungan kandang.

Minimalisir tumpahan pakan dan tumpahan air minum. Jaga kebersihan sekitar kandang.

Jika ada ayam yang mati musnahkan bangkainya segera agar tidak mengundang lalat.

Intinya adalah lalat berkaitan erat dengan kebersihan kandang. Jika hal di atas sudah dilakukan tapi lalat masih juga banyak, bisa mengkombinasikannya dengan penggunaan insektisida.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer