-->

Sehat Cerah Indonesia

Sehat Cerah Indonesia

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

Farmsco

Farmsco

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI AGUSTUS 2020

EDISI AGUSTUS 2020
Berlanganan Isi form ato hub kami

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno


Wakil Pemimpin Umum

Drh. Rakhmat Nurijanto, MM


Wakil Pemimpin Redaksi/Pemimpin Usaha
Ir. Darmanung Siswantoro


Redaktur Pelaksana
Ridwan Bayu Seto


Koordinator Peliputan
Nunung Dwi Verawati


Redaksi:
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor:
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Deddy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.


Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Fachrur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi:
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi
Nur Aidah


Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar


Pemasaran

Septiyan NE


Alamat Redaksi
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi: majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran: marketing.infovet@gmail.com

Rekening:
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I. No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke:infovet02@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Pengikut

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

HALAL BLOCKCHAIN, JAMINAN KEPADA PELANGGAN SIERAD

On Agustus 05, 2020

Dicky Saelan

Sierad Halal Blockchain merupakan langkah ekspansi digital dan pengembangan aset intelektual yang dilakukan PT Sierad Produce. Teknologi halal traceability blockchain (halal blockchain) bertujuan memberikan jaminan kepada pelanggan mengenai aktivitas pemotongan ayam yang sudah memenuhi standard halal.

Gebrakan ini juga dapat dimaknai sebagai langkah transformasi digital menjadi perusahaan poultry yang lebih dekat ke konsumen. Sosialisasi mengenai Sierad Halal Blockchain ini mengemuka dalam Poultry Rethinking Webinar, yang digelar Selasa (4/8/2020).   

Dicky Saelan, Managing Director Foods PT Sierad Produce menambahkan Sierad menerapkan teknologi halal blockchain untuk memberikan jaminan kepada pelanggan mengenai aktivitas pemotongan ayam yang sudah memenuhi standard halal.

Sierad yang kini berganti nama menjadi PT Sreeya Sewu Indonesia mengamati Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk lebih dari 267 juta orang yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, agama.

“Mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, sehingga jaminan halal produk menjadi bagian penting dalam proses produksi dan nilai tambah yang berdaya saing tinggi antar pemain usaha melalui proses sertifikasi yang ditinjau secara berkala,” terang Dicky diikuti oleh penayangan slide  video tentang rangkaian kegiatan produksi di Rumah Potong Ayam (RPA) Sierad.

Sebagai perusahaan yang sudah tersertifikasi halal dan mengedepankan inovasi, Sierad halal blockchain merupakan sistem jaringan pencatatan digital yang tidak bisa diubah, dimodifikasi atau dihapus. Halal blockchain, sistem pencatatan proses halal yang dapat diakses oleh semua konsumen Sierad Produce di mana saja dan kapan saja

Konsumen atau customer dapat menginput kode qr pada produk, kemudian mengakses website di www.halaltracker.sieradproduce.

Teknologi ini akan memudahkan customer untuk melihat detail proses produksi mulai dari kedatangan ayam hidup, antemortem, penimbangan, pengistirahatan ayam, penggantungan ayam, pemingsanan, penyembelihan halal, penirisan darah, pencucian, pencabutan bulu, proses ayam menjadi karkas, post mortem, pencucian dingin, grading dan penimbangan.

Sebagai pionir halal blockchain, Dicky menyatakan penggunaan teknologi blockchain dapat memperkuat kepercayaan customer.

Pemanfaatan teknologi digital blockchain, dinyatakan mampu membantu pengembangan industri halal di Indonesia. Karena dengan teknologi ini, maka pengguna produk akan bisa melihat sendiri bagaimana nilai kehalalan produk mereka.

Keuntungan

Sementara dalam kesempatan yang sama, CEO&Founder HARA, Regi Wahyu memaparkan poin-poin manfaat penerapan teknologi blockchain dalam proses RPA Sierad. Antara lain kepercayaan terhadap integritas data lebih tinggi, keamanan dan kesinambungan ketersediaan data, transparansi terhadap keseluruhan proses, dan traceability berikut akuntabilitas dari setiap proses.   

Direktur Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Afdhal Aliasar menyampaikan materi tentang Halal Value Chain.  

Afdhal mengatakan Indonesia berpotensi menjadi rujukan dunia untuk produk halal. “Kita perkuat sistem traceability produk halal. Pemerintah menargetkan Indonesia menjadi Pusat Ekonomi Syariah dunia di tahun 2024,” tandasnya. (NDV)

 

.


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer