Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini JANGAN BOSAN DENGAN PENYAKIT PERNAPASAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

JANGAN BOSAN DENGAN PENYAKIT PERNAPASAN

Kejadian penyakit pernapasan pada unggas cenderung meningkat selama curah hujan tinggi, kemarau panjang maupun pada saat peralihan musim. (Foto: Dok. Infovet)

Mau dan mau para peternak dihadapkan dengan kejadian penyakit pernapasan dalam setiap periode pemeliharaan, mengapa demikian? Karena infeksi pada saluran pernapasan mudah berkembang dengan didukung fluktuasi temperatur dan kelembapan tinggi yang dipengaruhi oleh iklim dan letak geografis alam Indonesia.

Ventilasi dan sirkulasi udara perkandangan yang kurang optimal karena masalah kepadatan kandang melebihi standar sehingga mempengaruhi kualitas udara dikarenakan panas dan amonia yang dihasilkan melebihi ambang batas normal. Variasi umur dalam sebuah peternakan sulit terhindarkan karena pasokan DOC yang terbatas menyebabkan adanya perbedaan distribusi kekebalan kelompok. Jarak peternakan satu dengan lainnya yang masih hanya sebatas tembok juga menjadi permasalahan tersendiri dalam mempraktekan manajemen biosekuriti yang optimal.

Kejadian penyakit pernapasan cenderung meningkat selama curah hujan tinggi, kemarau panjang maupun pada saat peralihan musim. Curah hujan dan kelembaban udara tinggi artinya kadar air dalam udara prosentasenya tinggi, diatas standard maksimal yang dipersyaratkan untuk memelihara ayam (70%). Kelembaban udara tinggi disertai dengan berkurangnya intensitas cahaya matahari akan berpengaruh terhadap kualitas litter pada broiler, breeder dan layer periode pullet yang dipelihara dengan sistem postal. Litter cenderung lebih lembap dan basah, serta kadar amonia cenderung lebih tinggi. Fluktuasi temperatur dan kelembapan tinggi berpotensi menyebabkan ayam stres. Utamanya pada ayam layer yang sedang berada pada puncak produksi. Kondisi stres ini akan menurunkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kepekaan terhadap penyakit, khususnya penyakit pernapasan.

Sepanjang hidupnya ayam bisa mengalami berbagai serangan penyakit, salah satu target organnya adalah saluran pernapasan dan umumnya disebabkan oleh agen infeksius. Mikroorganisme patogen yang sering ditemukan pada saluran pernapasan diantaranya, Mycoplasma gallisepticum, Escherichia coli, Haemophilus paragallinarum, Pasteurella multocida, Aspergillus fumigatus, Avian paramyxovirus, Corona virus dan Alpha herpesvirus (penyebab ILT).

Pada pemeliharaan anak ayam (0-2 minggu), problem pernapasan yang sering muncul biasanya Aspergillosis dan reaksi post vaksinasi. Aspergillosis ini dapat terjadi bila spora jamur Aspergillus sp. di ruang penetasan terhisap oleh DOC, atau selama transportasi maupun ketika berada dalam brooder di peternakan ayam komersial. Spora tersebut akan berkembang dan mengiritasi alat pernapasannya dan mengganggu aliran udara pernapasan, sehingga ayam mengalami sesak napas. Gangguan pernapasan dapat muncul... (Selengkapnya baca Majalah Infovet edisi Februari 2020)

Drh Damar
PT ROMINDO PRIMAVETCOM

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer