Alltech

Alltech

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

Amlan

Amlan

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI NOPEMBER 2019

EDISI  NOPEMBER 2019

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno
Wakil Pemimpin Umum/Usaha
Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA
Redaktur Pelaksana
Ir. Darmanung Siswantoro
Koordinator Peliputan
Ridwan Bayu Seto
Nunung Dwi Verawati

Redaksi
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Dedy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.

Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Farur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi:
Nur Aidah,

Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar

Pemasaran

Anang Sam, CHt.


Alamat Redaksi:
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi : majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran : marketing.infovet@gmail.com

Rekening
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I
No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke: majalah.infovet@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Followers

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

INDUSTRI PETERNAKAN 4.0 ALA HANTER

On November 15, 2019

HANTER mengajak stakeholder industri peternakan menyongsong industri 4.0 (foto : CR)

Dalam menyongsong industri peternakan 4.0 Himpunan Alumni Peternakan IPB (HANTER) menggelar seminar internasional di IPB International Convention Center, Bogor (13/11) yang lalu. Seminar tersebut mengangkat tema "Making Indonesia's Livestock Industry 4.0". 

Audy Joinaldy selaku Ketua Umum HANTER, dalam sambutannya mengingatkan akan pentingnya "melek teknologi" di industri peternakan. Ia juga mengatakan bahwa industri peternakan harus bisa menjawab tantangan di masa kini, salah satu kuncinya adalah dengan menerapkan teknologi "kekinian" dalam peternakan.

"Sekarang kita dituntut agar lebih efisien, lebih taktis dan hi-tech. Ini (teknologi) adalah sebuah keniscayaan, dan sektor peternakan juga tidak boleh sampai ketinggalan. Oleh karenanya harus diupayakan semaksimal mungkin penerapannya," tukas Audy.

Tidak kalah penting menurut Audy adalah pemanfaatan jejaring komunikasi antar alumni HANTER. Selain itu menurut Audy juga diketahui bahwa alumni fakultas peternakan IPB banyak yang menjadi enterpreneur ketimbang fakultas lainnya. 

"Ini kan kesempatan, ternyata anggota HANTER banyak yang jadi pengusaha, jadi kalau ada apa - apa juga harus bisa membantu yang lainnya. Oleh karenanya saya berharap nantinya HANTER bisa berkontribusi lebih bagi peternakan Indonesia," katanya.

Hadir pula dalam acara tersebut PLT Dekan Fakultas Peternakan IPB, Prof Sumiyati. Menurutnya acara ini sangat bagus, selain menambah pengetahuan, menjalin silaturahmi antar alumni, juga mengeratkan hubungan antar stakeholder di dunia peternakan.

"Saya senang HANTER bisa berkontribusi bagi sektor peternakan Indonesia, mudah - mudahan tidak hanya sampai disini, nantinya supaya ada kegiatan lainnya yang sejenis serta punya nilai lebih baik untuk alumni sendiri maupun untuk sektor peternakan pada umumnya," tutur Prof Sumiyati.

Seminar tersebut dibagi menjadi tiga sesi dimana di setiap sesi membahas tema yang beragam dengan narasumber yang kompeten pada bidangnya. Beberapa hal yang dibahas dalam seminar tersebut diantaranya mengenai regulasi, aplikasi digital untuk industri peternakan, serta impelementasi teknologi digital di bidang peternakan. Kesemuanya mendapat atensi yang tinggi dari para peserta yang hadir.

Salah satunya adalah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta, Darjamuni. Dirinya mengaku sangat senang berkesempatan hadir dalam acara tersebut. Selain itu Darjamuni juga mengatakan minatnya untuk bekerja sama dengan HANTER dalam mencari solusi untuk ketersediaan protein hewani untuk DKI Jakarta.

"Saya senang hadir disini, untuk DKI sendiri kan spesial, tidak punya ternak tapi konsumsi pangan asal ternaknya tinggi. Nah, ketika tadi ngomongin grand design peternakan, saya tertarik ini untuk kerjasama bersama HANTER minimal untuk grand design kebutuhan pangan hewani untuk konsumsi masyarakat Jakarta sajalah, mudah - mudahan sih ini bisa terealisasi secepatnya," kata Darjamuni. (CR)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer