Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini Kerjasama dengan PT Suryo Agro Pratama dan Infrabanx, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

Kerjasama dengan PT Suryo Agro Pratama dan Infrabanx, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Penandatanganan MoU berlangsung di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB (sumber: media.ipb.ac.id)


Bertempat d Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga, Selasa (22/5/2018), diselenggarakan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB dengan PT Suryo Agro Pratama, serta Infrabanx. Kerjasama ini dalam bidang bidang peningkatan kapasitas peternak, pemanfaatan ilmu dan teknologi, serta penerapan bisnis kolektif melalui Program Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di seluruh Indonesia.

Rektor IPB, Dr Arif Satria berharap dengan adanya kerjasama IPB dan PT Surya Agro Pratama, inovasi kelembagaan yang telah diciptakan oleh tenaga ahli IPB dapat memecahkan problem social capital yang biasanya ada dalam usaha peternakan. Apa yang  dikembangkan dapat  mengarah pada penguatan sistem.

“Ini dapat menjadi kekuatan kita ke depan. Semoga dengan hadirnya Infrabanx akan lebih masif, lebih baik lagi dan dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak,” ujarnya.

Selain itu, SPR dapat menjadi pusat pembelajaran dan penyuluhan yang berbasis pada riset. Kemudian, prinsip social capital dapat terus dikembangkan dan dapat menjadi solusi dari permasalahan, baik di bidang sumberdaya alam, hubungan antar kelompok, hubungan peternak dengan pihak luar atau investor.

Sementara itu, komisaris PT Surya Agro Pratama, Cipto Santosa menyampaikan bahwa perusahaannya bergerak di bidang agroindustri pertanian dengan produk utama olahan daging. PT Surya Agro Pratama telah mengembangkan prinsip tumbuh berkembang bersama masyarakat.

Perusahaan ini telah bermitra dengan masyarakat di wilayah Probolinggo. Ia berharap MoU dengan IPB dapat berkontribusi dalam mendorong swasembada sapi.

"Kami juga bermaksud ikut berkontribusi dalam pembangunan ketahanan pangan khususnya daging sapi dan susu yang saat ini masih ada gap antara kebutuhan dan jumlah yang tersedia secara mandiri," ujar Cipto yang juga merupakan alumni IPB.

Cipto menambahkan, perusahaannya berterimakasih kepada IPB bersedia kerjasama melalui pengembangan SPR, memberikan pencerahan, peningkatan kapasitas peternak melalui SPR yang didukung Infrabanx. Kesepakatan tiga pihak dan kesepahaman pelaku usaha ini diharapkan bisa menelurkan hasil dan proses yang ditargetkan bersama.

Acara penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Prof Dodik Ridho Nurochmat, Wakil Rektor Bidang Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan Prof Erika B Laconi, Prof Muladno selaku inovator SPR, dan beberapa tamu undangan lainnya. (Humas IPB/NDV)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer