Friday, December 4, 2015

Ir. H. Herry Dermawan, KETUA GOPAN GENERASI III

Kecintaanya dengan suasana pedesaan yang khas oleh nuasa pertanian dan peternakan, membuat pria yang baru saja dilantik menjadi Ketua Umum (Ketum) Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (GOPAN), 30 September 2015 kemarin, memutuskan untuk menekuni dunia peternakan, yang menurutnya kala itu masih minim saingan.
Ditemui secara singkat di depan loby Botani Square, Bogor, Jawa Barat, usai makan siang hari kedua Musyawarah Nasional (Munas) III GOPAN, Ir. H. Herry Dermawan sedikit-banyak bercerita seputar pengalaman hidupnya, khususnya di bidang peternakan unggas.
Mengawali perbincangan siang itu, pria kelahiran Sidoarjo, 30 September 1960 ini, mengenyam bangku pendidikan SD-SMA nya di Surabaya. Usai lulus, ia melanjutkan pendidikan formalnya di Univesitas Mataram (Unram) mengambil jurusan Fakultas Peternakan. “Awal terjun ke dunia peternakan, karena Saya menyenangi pedesaan dan menurut Saya peternakan bidang yang paling mudah, dan sedikit saingannya. Namun ternyata perkuliahaannya tidak semudah yang diperkirakan,” tutur Herry sembari tertawa mengingat hal itu.
Kendati begitu, ia berhasil menyelesaikan kuliahnya dan lulus pada tahun 1984. Setelah lulus, pria yang juga Ketua Perhimpunan Peternak Ayam Nasional (PPAN) ini, langsung bekerja di PT. Bamaindo yang merupakan perusahaan pabrik pakan di Sidoarjo dari tahun 1985-1992. “Saat itu sebagai Technical Service, kemudian menjadi Supervisor, dan terakhir sebagai Marketing Manager,” ujarnya.
Setelah memutuskan behenti dari pekerjaannya pada tahun 1993, Herry yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal GOPAN ini, memulai usahanya sendiri dengan membangun peternakan broiler yang sampai sekarang terus berkembang di daerah Priangan Timur dan sekitarnya.
Selain mengupas tentang sekilas perjalanan hidupnya, kesibukan pria yang satu ini juga patut diacungi jempol. Dia sangat aktif di berbagai organisasi. Diantaranya, Ketua PPAN, pengurus Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), Litbang Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI), Ketua Komite Penyuluh Pertanian Kabupaten Ciamis, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kab. Ciamis selama 10 tahun dan sekarang menjadi Sekretaris Partai PAN provinsi Jawa Barat (komisi II) yang juga salah satunya membidangi sektor peternakan, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kab. Ciamis, dan berbagai organisasi lain diluar bidang peternakan.
Sesuai motto hidupnya ‘menjalankan apa yang sudah direncanakan’ semua yang telah ia lakukan, merupakan hasil dari perencanaanya yang matang. Ia berharap, kedepan jalannya bisa terus mengalir bagai air. “Ya, tetap on the track saja,” harapnya singkat.

Rencana dalam memimpin GOPAN
Usai pelantikannya sebagai Ketum GOPAN periode 2015-2020, perioritas utama yang akan dilakukannya adalah menyempurnakan kepengurusan berikutnya. “Sebagai pemimpin, sebelum berbicara eksternal kita bicara internal dulu, untuk membangun kekompakan yang sudah dijalin sebelumnya agar menjadi lebih baik lagi. Sebab di daerah, organisasi juga sudah berkembang, dimana nanti akan kita data dan kita ajak bersama agar bisa satu suara,” tutur Herry.
Ia menambahkan, untuk bisa menjadi organisasi yang baik harus mampu merangkul semua anggota di seluruh wilayah. “Ke depan semoga GOPAN menjadi organisasi yang bisa mensejahterakan anggotanya, untuk itu kita akan memantapkan organisasinya dulu. Untuk memantapkan organisasinya, dibutuhkan orang-orang yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan dana-nya. Sebenarnya kepengurusan yang lama sudah baik, kita ingin membuat lebih baik lagi,” ungkapnya.
Selama kepemimpinannya di GOPAN, ia juga bertekad untuk mengangkat kembali para peternak kecil agar bisa kembali meraup untung. Karena sebagian anggota GOPAN juga merupakan para peternak kecil dan mandiri. “Karena saat ini petenak rakyat hanya tinggal 20 persen saja, kita ingin ke depan bagaimana caranya bisa tercapai 60-70 persen kembali dipegang peternak rakyat, namun tanpa mengurangi eksistensi peternak besar,” katanya
Oleh karena itu, kata dia, dalam Munas kemarin, ada beberapa butir yang dijadikan rekomendasi untuk pemerintah. Salah satunya mendesak pemerintah membuat regulasi pasar unggas di Indonesia yang sudah dikuasai peternak besar. dan secepatnya segera menerbitkan aturan tentang perunggasan.
Sebab, kondisi perunggasan saat ini memang sedang ‘sakit’. Tak adanya aturan, sampai ketidakjelasan data, membuat bisnis ini semakin carut-marut. Menurutnya, harus benar-benar ada pendataan supply-demand yang jelas, jika hal itu bisa diselesaikan maka ke depan ia yakin perunggasan bisa berjalan mulus.
Semoga apa yang sudah ia pikirkan bisa berjalan sesuai rencana. Selamat berkarya untuk Ir. Herry Dermawan, semoga dapat mengemban amanah Munas dengan sebaik-baiknya dan bisa mengangkat GOPAN menjadi lebih baik lagi. (rbs)

Biodata :
Nama         : Ir. H. Herry Dermawan
Alamat         : Jln. Siliwangi No.63, Ciamis
Tempat, tanggal lahir : Sidoarjo, 30 September 1960
Agama         : Islam
No. telepon & email : 0813-9505-5181 / dermawan.herry@yahoo.com
Pendidikan         : • SD GIKI Surabaya
                                          • SMP N 1 Surabaya
                                          • SMA N 2 Surabaya
                                          • Fakultas Peternakan Universitas Mataram
Riwayat Pekerjaan : • Tahun 1985-1987 : Technical Service PT. Bamaindo
                                  • Tahun 1987-1989 : Supervisor PT. Bamaindo
                                  • Tahun 1990-1992 : Marketing Manager PT. Bamaindo
                                  • Tahun 1993-Sekarang : Wiraswasta
Motto hidup : ‘Menjalankan apa yang sudah direncanakan’

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template