Thursday, August 30, 2007

FKH Unair Luncurkan Program Diploma Kesehatan Ternak Perunggasan

Seiring dengan perkembangan teknologi, industri perunggasan di era globalisasi ini perlu ditunjang oleh sarana dan prasarana yang memadai agar diperoleh suatu hasil yang optimal. Untuk itu diperlukan tenaga ahli dan tenaga profesional yang terampil dan siap pakai di bidang perunggasan, khususnya pada lapisan tengah.
Hal itu disampaikan Dr Drh CA Nidom MS kepada Infovet usai peluncuran program studi diploma (D3) Kesehatan Ternak Terpadu Minat Perunggasan di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga.
Menurutnya tujuan dibukanya program studi ini untuk menghasilkan tenaga ahli madya yang cakap dan cekatan, tanggap dan trampil dalam menghadapi berbagai permasalahan perunggasan maupun perkembangan ilmu dan teknologi seperti dibidang usaha pembibitan, pakan ternak, budidaya, rumah potong unggas, obat-obatan, vaksin dan teknologi hasil ternak (pasca panen).
Ia juga menjelaskan bahwa sistem pendidikan program studi ini menganut Sistem Kredit Semester. Lama pendidikan 6 semester (3 tahun) dan jumlah SKS yang harus dicapai adalah 110 SKS, meliputi 40% teori dan 60% praktikum/praktek kerja lapangan dan setelah menyelesaikan perkuliahan berhak menyandang gelar Ahli Madya (A.Md).
Lebih lanjut, Staff Pengajar dan Sarana Pendidikannya adalah dosen Fakultas Kedokteran Hewan Unair dan dosen tamu dari berbagai instansi dan industri yang terkait yang menjadi mitra Fakultas Kedokteran Hewan Unair. Semua sarana yang dimiliki oleh FKH Unair dapat digunakan oleh mahasiswa D3 Perunggasan.
Mengenai lapangan pekerjaan lulusan program studi ini dapat langsung bekerja pada institusi yang sudah mempunyai kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan atau sesuai dengan keinginan sendiri. Institusi yang dapat menerima lulusan D3 Perunggasan meliputi : breeding farm, farm komersial, karantina hewan, dinas peternakan atau yang terkait, rumah potong unggas, perusahaan) pakan ternak, obat-obatan, vaksin, makanan olahan) dan wirausaha.
Persyaratan dan Cara Pendaftarannya cukup mudah, minimal lulusan SLTA dan yang sederajat (Snakma, STM dll) dan calon harus datang sendiri dengan membawa satu lembar fotocopy ijazah dan dua lembar foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm. Pendaftaran dilaksanakan pada hari kerja tanggal: 06-10 Agustus 2007 Pukul : 08.00 s/d 16.00 WIB bertempat di Gedung Serbaguna Universitas Airlangga Jl. Airlangga No.6 Surabaya. Sementara Ujian masuk dilaksanakan pada 12 Agustus 2007 Pukul 08.00 WIB s/d selesai dan pengumunan hasil diujian pada tanggal 14 Agustus 2007.
Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : Dr drh CA Nidom, MS (0811372683), Dr drh Lusia, SU (0817310284) dan Drh Retno Sri Wahyuni, M.Kes. (Adv)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template