Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini KETERSEDIAAN PAKAN LAYER DENGAN HARGA TERJANGKAU | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

KETERSEDIAAN PAKAN LAYER DENGAN HARGA TERJANGKAU

 

Foto bersama pembicara dan hadirin peserta Sustainably Integrated Animal Industry Forum (Foto:  Ist)

Masih dalam rangkaian gelaran Indo Livestock 2022, Kamis (7/7) diselenggarakan Sustainably Integrated Animal Industry Forum di Ruang Cendrawasih 1, Jakarta Convention Center.

Pada sesi ketiga forum ini, hadir sebagai pembicara Ir Jenny Soelistiani MM, Pengawas Koperasi Pinsar Petelur Nasional (PPN) Lampung Sejahtera mengupas topik “Ketersediaan Pakan Layer Untuk Mendukung Ketersediaan Telur Secara Nasional dengan Harga Terjangkau”.

Dalam paparannya, Jenny menguraikan beberapa jenis pengadaan pakan peternak petelur. Diantaranya, peternak menggunakan pakan komplit feed dari pabrikan lalu konsentrat dari pabrikan dan pengadaan jagung, bekatul dan lainnya secara mandiri.

“Peternak juga menggunakan full pakan selfmix dengan membeli bahan baku dari suplier dan ada juga peternak yang menerapkan pakan kombinasi tadi,” jelas Jenny.

Saat ini, Jenny menambahkan, ketersediaan telur saat ini sudah surplus tetapi harga berfluktuasi. Peternak ayam layer masih menghadapi permasalahan ketersediaan dan harga pakan.

“Kekuatan kita adalah memiliki tanah yang luas dan semua subur, tetapi belum dimanfaatkan secara maksimal. Saat ini masih tergantung dengan bahan baku impor,” imbuhnya.

Peternak layer berharap adanya kepastian cadangan jagung Nasional dengan harga stabil sepanjang tahun. Selain itu, diharapkan ada upaya pengembangan riset pakan alternatif dan memanfaatan sumber pakan alternatif yaitu bungkil inti sawit maupun sumber protein lokal.

“Mudah-mudahan juga akan ada piloting pengolahan pakan di sentra-sentra UMKM, serta membangun komitmen bersama antar stakeholder,” pungkasnya. (NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer