Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini SELFMIX PAKAN TERNAK BABI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

SELFMIX PAKAN TERNAK BABI

Berikut ringkasan tema yang dibawakan oleh Rudi, peternak babi dari Solo, Jawa Tengah. Pada webinar Campus Online AMI (Asosiasi Monogastrik Indonesia) "Training Formulasi Ransum Babi Batch 1", yang diadakan via Zoom pada Selasa, 16 Maret 2021. Webinar ini didukung oleh USSEC, Boehringer Ingelheim, PT Gallus Indonesia Utama, Gita Organizer, dan Majalah Infovet.

Self mixing adalah metode pencampuran pakan yang dilakukan sendiri. Keuntungannya lebih efisien dan menghemat biaya pakan, mengetahui kualitas pakan hasil buatan sendiri, formulasi ransum dapat dibuat sesuai keinginan sendiri.

Belajar teknologi pakan menolong kita menghadapai hal-hal tak terduga seperti bagaimana menghadapi cuaca musim dingin. Bagaimana ketika gunung Merapi meletus, hasil panen berantakan, harga jagung naik 2 kali lipat. Bagaimana ketika pada terkena hama, dan ketika bahan baku naik dan sulit.

Bahan baku dan pakan alternatif meliputi bungkil kelapa, DDGS (dried distillers grain with soluble), CGF (corn gluten feed), polar, ampok, aking, dll. Penting untuk berdiskusi dengan ahli nutrisi, karena setiap alternatif pakan masing-masing ada kelemahan dan kelebihan.

Dengan selfmix kita dapat menjaga kestabilan ternak ketika terjadi kelangkaan pakan.

Materi selengkapnya bisa diunduh disini.

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer